Mengenal Lebih Dekat Digital Marketing Agency

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Bisnis Digital – Digital marketing agency adalah sebuah agen baik berupa perorangan maupun dalam perusahaan yang berperan sebagai pihak ketiga dalam melakukan pemasaran suatu produk. Dengan demikian agensi ini adalah sebuah jasa yang membantu klien dalam membuat, merumuskan dan mengelola kegiatan pemasaran secara digital.

Perkembangan dunia digital terutama internet, membuat strategi pemasaran digital semakin diminati. Masa pandemi covid-19, membuat strategi ini semakin sempurna untuk dilakukan. Mengapa? Karena aktivitas orang lebih banyak dilakukan di rumah. Berbagai kegiatan di luar sudah dibatasi dalam waktu yang cukup lama. Sehingga mengubah kebiasaan masyarakat yang dulunya selalu berbelanja ke supermarket, mall atau pasar berubah menjadi online shopping baik melalui marketplace maupun lewat social media.

Dengan tingginya minat konsumen terhadap belanja online, membuat berbagai bisnis digital bermunculan. Pebisnis mulai beramai-ramai membuka toko online mereka di marketplace dan juga social media. Jika mereka bertahan dengan toko offline, maka mereka akan kehilangan banyak pelanggan. Sehingga, berbagai upayapun dilakukan untuk membangung toko online tersebut, termasuk menyewa jasa digital marketing agency.

Layanan yang diberikan oleh seorang agensi pemasaran digital

Ilustrasi. Image : Freepik.com

Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh seorang agensi pemasaran digital adalah meliputi Branding, SEO, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Advertising, Content Marketing dan Social Media Management.

Perusahaan bisa memilih salah satu tugas agensi tersebut atau melakukanya sekaligus dengan menyewa sebuah yang memiliki tim pemasaran yang hebat. Pemasaran digital tidak hanya terbatas pada penjualan produk tetapi juga bisa pemasaran jasa seperti pendidikan, perbankan, kesehatan, pinjaman online, game, dan kredit pintar.

Perbedaan marketing agency dan advertising agency

Image : Unsplash.com

Sekilas mereka memiliki makna yang hampir sama bahkan terlihat memiliki peranan dan fungsi yang sama juga. Padahal tidak, keduanya berbeda. Sebuah agensi pengiklanan hanya focus untuk memperkenalkan produk umum maupun produk digital dan menyampaikan pesan-pesan dari perusahaan melalui iklan tersebut. Sedangkan agensi pemasaran akan melakukan sisa pekerjaan tersebut, yaitu membuat suatu hal yang dapat mengajak penonton untuk terus memperhatikan produk dan mencobanya.

BACA JUGA  Pentingnya Digital Marketing untuk Kesuksesan Pemasaran Bisnis Kamu

Marketing agency juga berupaya meningkatkan keuntungan perusahaan dan meningkatkan penjualan dengan cara mengajak konsumen untuk terus menggunakan produk. Dengan kata lain agensi ini bertugas untuk menciptakan loyalitas konsumen. Mereka juga membutuhkan alat dan strategi dalam melakukan promosi agar kenaikan penjualan dapat berlangsung lebih cepat dan tepat sasaran. Adapun strategi-strategi pemasaran yang harus mereka lakukan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori tujuannya adalah untuk efisiensi. Pengelompokan ini selalu bertujuan untuk mendorong konsumen membeli lebih banyak produk.

Agensi pemasar yang sukses adalah yang bisa menarik perhatian pengecer, pengusaha toko grosir, importir dan eksportir untuk membeli produk yang mereka pasarkan dan kemudian menjadi pelanggan tetap. Selain itu, agensi ini juga diperlukan untuk menggaet konsumen baru dan terus mempertahankan konsumen lama dengan menciptakan loyalitas merek, mereka harus bisa menciptakan pasar yang dinamis untuk memperkenalkan suatu produk terutama produk baru.

Mengapa perusahaan harus menggunakan jasa digital marketing agency?

Ilustrasi. Foto : Freepik.com

  • Terdapat beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan harus menggunakan jasa agensi pemasaran digital:
  • Mereka memiliki team yang profesional dan sudah terlatih.
  • Mereka sudah berpengalaman menghadapi berbagai jenis klien dan sudah berpuluh kali memasarkan produk.
  • Memiliki sumber daya manusia yang lengkap. Sehingga, setiap pekerjaan benar-benar dikerjakan oleh ahlinya.
  • Mengerjakan berdasarkan apa yang dipesan. Mereka akan melakukan semua pekerjaan sesuai dengan briefing dari kliennya.
  • Menjalankan pekerjaan sesuai dengan kontrak. Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan sampai puas.

Fungsi digital marketing agency

Agensi pemasaran digital berperan dalam membantu klien untuk membuat, merancang dan mengelola jenis promosi digital yang dipilih oleh perusahaan. Mereka juga bisa memberikan berbagai masukan terkait strategi-strategi yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis.

BACA JUGA  Web Designer, Apakah Karir yang Menjanjikan di Masa Depan?

Mengelola sosial media atau media digital lainnya. Selain berfungsi sebagai pembuat website, aplikasi, dan Instagram bisnis. Seorang agensi pemasar juga bisa bertugas sebagai pengelola akun Instagram, memposting konten di website, mengupdate serta memperbaiki situs atau aplikasi.

Membantu pengelolaan anggaran pemasaran. Misalnya berapa biaya untuk membuat iklan di website atau landing page dengan Google Ads, Display, youtube dan Facebook Ads. Termasuk iklan melalui Instagram dan penyewaan influencer atau brand ambassador.

Membantu pemasaran yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan yang berbeda. Sebagai contoh: marketing sebuah perusahaan pinjaman online A akan berbeda dengan perusahaan B. Tujuan perusahaan A adalah untuk mengkampanyekan kredit pintar sedangkan perusahaan B memiliki tujuan mencapai pinjaman dalam jumlah besar yang lebih menguntungkan.

Memasukkan beberapa kata kunci ke dalam teks SEO. Ini adalah tugas dari copywriter atau content writer bersama dengan spesialis SEO.

Tipe-tipe digital marketing agency

Image : Unsplash.com

1. Agensi pembuatan website

Tipe pertama adalah agensi pembuat website. Agensi ini akan membantu kamu untuk merancang sebuah website terkait bisnis yang kamu jalankan. Mereka juga akan menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pengembangan website tersebut, seperti hosting, domain, desain hingga konten.

Promosi melalui website dinilai sebagai salah satu strategi pemasaran yang paling efektif karena dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Website yang bagus akan mencerminkan kredibilitas dari perusahaan tersebut.

2. Agensi pembuatan aplikasi

Aplikasi berbasis android atau ios akan memudahkan konsumen untuk menikmati produk perusahaan Anda. Tampilan yang lebih sederhana, membuat aplikasi lebih ramah pengguna sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan. Agensi pembuatan aplikasi mampu merancang aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan target audiens Anda.

BACA JUGA  Menyoal Marketing di Era Industri 4.0

3. Jasa SEO

SEO adalah sebuah metode yang digunakan untuk meningkatkan rangking website di mesin pencaharian, biasanya google. Setelah membuat website, perusahaan diharuskan untuk selalu mengisi konten agar website mereka dapat ditemukan oleh pelanggan dengan mudah, setidaknya dihalaman pertama mesin pencaharian.

Seorang digital marketing agency memiliki strategi khusus yang secara signifikan dapat meningkatkan ranking perusahaan Anda. Agensi tipe ini akan melakukan riset keyword hingga mempelajari metode penempatannya di dalam artikel sehingga rangking website tersebut meningkat.

Tips mencari digital marketing agency

Image : Freepik.com

  • Cek pengalaman agensi tersebut. Hal ini bisa diketahui dengan cara melihat usia mereka. Semakin tua umur agensi tersebut maka semakin banyak pengalaman yang sudah didapatkannya. Sehingga mereka dapat dipercaya untuk melakukan pekerjaan.
  • Periksa apakah mereka menyediakan layanan yang kita sediakan. Periksa apakah mereka pernah melakukan layanan itu sebelumnya dan bagaimana hasil yang diperoleh oleh klien mereka tersebut.
  • Tips mencari pemasar digital selanjutnya yaitu mengetahui anggaran perusahaan. Lalu sesuaikan dengan pilihan agensi yang ada. Jika perusahaan memiliki anggaran yang cukup besar, maka sebaiknnya pilih agensi yang sudah berpengalaman dan menyediakan paket pemasaran komplit.
  • Perhatikan kualitas mereka. Ini adalah tips mencari digital marketing agency yang paling penting. Karena agensi yang berkualitas adalah yang memiliki strategi-strategi pemasaran yang unik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.