Inilah Jenis-Jenis Website yang Perlu Kamu Ketahui

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Teknologi – Kehadiran sebuah website di era yang serba digital sangatlah penting terutama untuk kamu yang ingin memulai sebuah bisnis atau mempromosikan brand Kamu di internet. Website tidak hanya ditampilkan sebagai wajah dari bisnis Kamu di internet melainkan memiliki berbagai macam fungsi lainnya. Oleh karena itu, Sebelum membuat sebuah website, Kamu harus mengetahui lebih dulu jenis website seperti apa yang dibutuhkan. Terdapat berbagai jenis website di internet dan dapat dipecah ke dalam beberapa kategori, yaitu berdasarkan sifat dan platform yang digunakan.

Buat web sama dengan seperti ketika Kamu ingin membeli produk-produk lainnya. Ada berbagai hal yang mesti dipertimbangkan untuk menemukan produk yang paling tepat untuk bisnis Kamu. Sebab terdapat berbagai macam website dan setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda. Pada artikel berikut ini Kami akan menjelaskan tentang berbagai jenis website berdasarkan sifat dan platform yang digunakan. Namun sebelum menuju ke penjelasan tersebut, akan lebih baik jika Kamu memahami tentang apa itu website seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

Apa Itu Website?

Ada beberapa orang yang bilang website atau lazim disingkat web merupakan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama memiliki koneksi dengan jaringan internet. Ada pula Website lain menuliskan web adalah salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet untuk pendistribusiannya.

Apapun bahasanya, yang pasti kita semua setuju bahwa website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan berbagai informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video atau gabungan dari semuanya, baik itu bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan hyperlink.

BACA JUGA  Apakah Website Kamu Memiliki Aksesibilitas yang Baik?

Secara terminologi website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya ada di dalam World Wide Web atau sering kita sebut WWW di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik.

Foto : Idwebhost

Setiap halaman dari sebuah situs web (web page) diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” ( root ), yang selanjutnya disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”). URL ini berfungsi untuk mengatur web page menjadi sebuah hirarki, meskipun hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut. Fungsinya adalah untuk mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Sebuah Web page merupakan dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), dan hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan ke para pemakai lewat web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Web page layaknya sebagai sebuah buku yang bisa menampung berbagai informasi tentang banyak hal baik bersifat komersil maupun non komersil. Melalui media web inilah seseorang bisa memberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berada di seluruh dunia.

Website sendiri mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1998, dimana saat itu hanya perusahaan besar saja yang mampu memilikinya. Pada saat itu, website merupakan sebuah teknologi yang cukup mahal untuk dimiliki. Sehingga banyak pengusaha maupun produsen mengurungkan niat mereka untuk dapat memiliki media promosi ini. Langkanya penyedia jasa pembuatan web yang menawarkan harga murah membuat keinginan perusahaan-perusahaan tersebut untuk memiliki sebuah website murah hanya menjadi sebuah mimpi.

BACA JUGA  Mendesain Untuk Masa Depan: Menyelami Tren Desain Terkini dan Menjelajahi Karier Seorang Designer

Namun itu tahun 1998, kini di tahun 2019 semakin banyak jasa pembuatan website yang memiliki harga murah. Dan seperti yang kami bahas diatas, semakin murah harga pembuatan website maka Kamu harus semakin waspada dan teliti. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan saat anda membeli website murah untuk bisnis. Nah setelah mengerti definisi tentang website lebih baik, berikut ini merupakan beberapa jenis website yang harus Kamu tahu!

Berbagai Macam Jenis Website

Foto : Idwebhost

Ada beberapa macam jenis website. Di sini kami akan menjelaskan mengenai jenis website berdasarkan sifatnya:

1. Website statis

Secara sederhana, website statis bisa didefinisikan sebagai website yang kontennya konstan dan tidak berubah. Setiap halaman yang dibuat dengan kode HTML digunakan untuk menampilkan informasi yang sama kepada setiap pengunjung. Hanya webmaster atau developer yang mampu melakukan update pada konten website statis. Umumnya website statis dibuat dengan menggunakan HTML dan CSS oleh developer yang memahami pemrograman atau coding.

Karena website statis tidak membutuhkan update konten secara berkala, maka tidak dibutuhkan sebuah database untuk penyimpanan data. Biasanya website statis digunakan untuk website perusahaan yang hanya perlu memberikan berbagai informasi dasar seperti alamat, kontak, dan sejarah perusahaan.

2. Website dinamis

Berbanding terbalik dengan website statis, website dinamis merupakan jenis website yang kontennya selalu di update sesuai dengan schedule. Pada umumnya website bersifat dinamis karena lebih mudah diatur daripada website statis. Website dinamis menampilkan kontennya dari database yang hanya dapat diakses oleh webmaster atau developer.

Namun meskipun begitu, website dinamis memungkinkan untuk memiliki beberapa user yang mampu melakukan update konten website tanpa perlu mengganggu desain web.

BACA JUGA  Peluang Bisnis Web Design Agency: Tantangan dan Prospek di Era Digital

Nah, yang berikutnya ini Kami akan membahas jenis website berdasarkan platform yang digunakan:

1. CMS

Metode pertama adalah cara yang paling populer, yakni menggunakan Content Management System (CMS). CMS merupakan perangkat lunak atau sistem yang digunakan untuk membuat dan mengatur konten dari website secara digital.

Kamu dapat membuat website dengan cepat dan mudah menggunakan CMS. Ada beberapa CMS yang paling banyak digunakan untuk membangun sebuah website beberapa diantaranya adalah WordPress, Joomla!, Drupal dan CMS lainnya.

Berdasarkan review yang disimpulkan dari ketiga CMS populer tersebut, WordPress adalah yang paling populer serta paling mudah untuk dioperasikan. Selain mudah digunakan, WordPress juga merupakan pemegang market share terbesar CMS dengan angka 59.9 persen.

2. Website Builder

Jika Kamu ingin membuat website yang lebih gampang, Kamu bisa menggunakan website builder.

Website builder adalah platform yang membantu Kamu untuk membuat website dengan cepat, tanpa harus memahami coding atau kemampuan desain sama sekali.

Website builder sangat cocok bagi Kamu yang ingin membuat website dalam waktu singkat, tidak mempunyai kemampuan teknis dan tidak memiliki waktu untuk mempelajarinya.

Beberapa contoh website builder yang cukup populer diantaranya adalah Wix, Site Builder, dan Weebly.

Kelebihan dari website builder adalah pengguna bisa mendapatkan paket lengkap untuk membuat website, dari hosting, domain, hingga pilihan template. Pengguna hanya perlu mengganti konten sesuai yang diinginkan dan bisa dibantu oleh support dari penyedia website builder.

Nah berikut tadi merupakan beberapa jenis website yang sangat penting untuk kamu ketahui. Jangan lupa kamu juga membutuhkan hosting berkualitas dengan harga murah yang hanya bisa kamu dapatkan di Idwebhost.com. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.