4 Desainer Grafis Dari Indonesia Yang Mendunia

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Desain – Di era serba digital seperti sekarang prospek kerja desain grafis sangat luas. Kamu bisa menjadi graphic designer, visual strategy, UI/UX Designer, Illustrator dan masih banyak lagi.

Apalagi kamu perhatikan saat ini banyak banget perusahaan yang mencari designer grafis lo, tinggal pilih jenis yang sesuai dengan kemampuanmu.

Seandainya kamu tertarik mengembangkan karir di bidang industri kreatif yang satu ini, kamu punya beberapa nama tokoh desainer grafis Indonesia yang karya dan perjalanan karirnya bisa menginspirasimu. Beberapa nama mungkin sudah tidak asing lagi di telingamu. Yuk kita simak daftarnya.

1. Rini Sugianto

Mungkin kamu pernah menonton film The Adventure of Tintin atau The Hobbit an Unexpected Journey. Ternyata dibalik pembuatan film memukau tersebut ada campur tangan desainer grafis Indonesia.

Rini Sugiarto adalah sosok kreatif yang ikut menggarap film-film tersebut. Pada awalnya perempuan lulusan Universitas Parahyangan Bandung ini mempelajari seputar teknologi digital 3D. Setelah itu ia lanjut kuliah di Academy of Art University di San Fransisco. Rini lulus tahun 2005 dan saat itu bekerja sebagai karakter Animator untuk Weta Studio di New Zealand. Disana ia ikut menggarap film The Avengers, Iron Man 3, dan The Hunger Games Catching Fire .

2. Lenny Wen

Seorang ilustrator yang berasal dari Jakarta ini bernama Lenny Wen. Menggambar sudah menjadi hobi Lenny sejak kecil. Kalau dilihat dari gaya ilustrasinya, Lenny lebih sering menggambar karakter anak-anak, karena ia ingin semua umur bisa menikmati yang ia gambar tanpa ada batasan.

Hasil karya ilustrasi yang kamu lihat di akun Instagram Lenny ternyata telah melewati banyak proses di belakangnya. Awalnya Lenny cenderung menggunakan manga style yang lama-kelamaan berkembang menjadi gaya desainnya saat ini. Lenny kerap mencari referensi dari musik, animasi, picture book, dan karya-karya seniman dan desainer lainnya.

BACA JUGA  Beda dengan Dewasa, Ini Gejala Anak Terinfeksi Varian Baru Virus Corona

3. Kathrin Honesta

Desainer Grafis Indonesia yang berikutnya akan kami bahas adalah Kathrin Honesta. Perempuan lulusan dari Periklanan dan Desain Grafis di The One Academy Malaysia ini merupakan seorang desainer grafis dan ilustrator yang berdomisili di Jakarta.

Kathrin sudah mulai menggambar sejak kecil. Ia ingat betul gambar pertamanya ada di buku diary. Bagi Kathrin, gaya desain terbaik adalah gaya yang membuatmu nyaman selama mendesainnya.

Mau kamu gaya manga, vektor, dan lain sebagainya. Barulah setelah itu gayamu akan berkembang jika terus-terusan diasah. Contohnya seperti karya-karya Kathrin yang berhasil menghasilkan gambar dengan cerita yang mendalam.

4. Henricus Kusbiantoro

(ki-ka: Priyanto Sunarto, Henricus Kusbiantoro). Dok.: Henricus Kusbiantoro.

Henricus Kusbiantoro masuk ke dalam salah satu jajaran top desainer grafis Indonesia yang karyanya sudah terkenal secara global. Bahkan, tak jarang karya Henri digunakan oleh perusahaan ternama di dunia. Pria asal Bandung ini merupakan seorang art director di Landor. Ia pernah mengenyam pendidikan di Universitas Trisakti, Institut Teknologi Bandung, dan Pratt Institute, New York. Desain logo merupakan salah satu keahlian Henri. Bukan sekadar logo, melainkan logo yang dengan pencitraan penuh. Henri tidak akan pernah berhenti mencintai logo dengan terus mempertahankan kejujuran dari sebuah merek yang apa adanya.

Semoga karya-karya desainer grafis Indonesia di atas bisa menginspirasimu saat mendesain yah. Dari beberapa jajaran nama di atas, siapakah yang menjadi favoritmu? Ikuti jejaknya dan buatlah karya yang tak kalah memukau. Bukan tidak mungkin kamu bisa mendapat tawaran kerja dari perusahaan di luar negeri. Apakah kamu tertarik?

 

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.