Menentukan Pilihan yang Tepat untuk Website Anda: Kelebihan dan Kekurangan Web Template, Desain Kustom Template, dan Full Kustom Website

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Jaman sekarang, hampir semua bisnis atau brand pasti butuh website. Entah buat ngejual produk, promosi bisnis, atau cuma buat nampilin info aja. Nah, kalo kamu lagi bingung mau bikin website, ada beberapa cara yang bisa dipilih, antara lain dengan menggunakan web template, desain kustom template, atau full kustom website. Dalam artikel ini, kita akan bahas lebih lanjut keuntungan dan kekurangan dari masing-masing cara tersebut.

1. Web template

  • Lebih cepat dan mudah untuk diterapkan karena sudah memiliki format yang siap digunakan.
  • Harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan desain kustom atau full kustom website.
  • Banyak tersedia template gratis dan premium yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Kalo kamu pengen bikin website tapi gak mau ribet, web template bisa jadi solusinya. Template website udah disiapin dari sebelumnya, jadi kamu tinggal pilih aja yang sesuai sama kebutuhan kamu.

Ada banyak banget template yang bisa dipilih, mulai dari gratis sampe yang berbayar. Plus, cara penggunaannya juga relatif lebih mudah, jadi gak perlu belajar coding yang ribet-ribet. Dalam hitungan menit, website kamu udah jadi!

Keuntungan lainnya dari web template adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan bikin website dari nol. Jadi, kalo budget kamu terbatas, pake web template bisa jadi pilihan yang tepat. Gak perlu keluarin banyak uang, tapi tetep bisa punya website yang tampil keren dan profesional.

Namun, ada juga kekurangan dari penggunaan web template. Karena template udah jadi dari sebelumnya, jadi banyak orang yang bisa pake template yang sama dengan kamu.

Jadi, bisa jadi website kamu kurang unik dan kurang bisa membedakan dari website orang lain. Selain itu, fitur dan desain website juga terbatas, jadi kalo kamu butuh fitur khusus atau tampilan yang lebih berbeda, web template mungkin kurang bisa memenuhi kebutuhan kamu.

BACA JUGA  3 Langkah Menciptakan Nama Brand Yang Mudah Diingat

2. Desain kustom template

  • Desain yang lebih unik dan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau brand.
  • Dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.
  • Menawarkan fleksibilitas dalam tampilan dan fungsi yang diperlukan.

Kalo kamu pengen tampil beda dan lebih personal dengan website kamu, pake desain kustom template bisa jadi pilihan yang lebih tepat. Kamu bisa bikin desain yang lebih unik dan menarik, sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

Jadi, gak perlu cuma ikut-ikutan template yang udah ada, kamu bisa punya desain yang lebih personal dan sesuai sama karakter bisnis atau brand kamu.

Keuntungan lainnya dari desain kustom template adalah kamu bisa kontrol lebih banyak dalam tampilan dan fitur website kamu. Jadi, bisa lebih sesuai sama kebutuhan dan preferensi kamu.

Kalo kamu gak suka warna yang udah ada di template, kamu bisa ganti sesuai warna yang kamu suka. Kalo kamu butuh fitur khusus, kamu bisa minta developer buat nambahin fitur itu ke website kamu.

Namun, kekurangan dari desain kustom template adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan web template. Karena bikin desain dari nol butuh waktu dan tenaga yang lebih banyak, jadi harganya pun bisa lebih mahal.

Selain itu, cara penggunaannya juga lebih ribet dan kompleks, jadi butuh waktu dan skill coding yang lebih.

3. Full kustom website

  • Memberikan kontrol penuh atas desain, tampilan, dan fungsionalitas website.
  • Dapat menghasilkan desain yang benar-benar unik dan memenuhi kebutuhan bisnis atau brand.
  • Dapat memperkuat identitas merek dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kalo kamu pengen banget punya website yang bener-bener unik, full kustom website bisa jadi pilihan yang tepat. Full kustom website ini dibuat dari nol, jadi kamu bisa kontrol total tampilan dan fitur website kamu.

BACA JUGA  10 Reasons Why Some Websites Rank High on Google Without Optimization

Kamu bisa bikin tampilan yang bener-bener beda dan unik dari website orang lain, sesuai sama karakter dan preferensi bisnis atau brand kamu.

Keuntungan lainnya dari full kustom website adalah kamu bisa bikin fitur-fitur yang bener-bener sesuai sama kebutuhan kamu.

Kalo kamu butuh fitur khusus yang belum ada di web template atau desain kustom template, kamu bisa minta developer buat nambahin fitur itu ke website kamu. Selain itu, website kamu akan jadi lebih SEO-friendly karena dibuat dari nol dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan SEO.

Namun, kekurangan dari full kustom website adalah harganya yang sangat mahal. Karena dibuat dari nol dan butuh waktu dan tenaga yang lebih banyak, harganya bisa sangat tinggi. Selain itu, cara penggunaannya juga sangat ribet dan kompleks, jadi butuh waktu dan skill coding yang sangat tinggi.

Kesimpulan:
Kalo kamu pengen bikin website, ada beberapa cara yang bisa dipilih, antara lain dengan menggunakan web template, desain kustom template, atau full kustom website. Masing-masing cara punya keuntungan dan kekurangan tersendiri. Kalo kamu pengen yang murah dan cepat, web template bisa jadi pilihan yang tepat. Kalo kamu pengen yang lebih personal dan kontrol lebih banyak, desain kustom template bisa jadi pilihan yang tepat. Kalo kamu pengen yang bener-bener unik dan personal, full kustom website bisa jadi pilihan yang tepat. Tapi, yang jelas, sebelum kamu memutuskan pilihan, pastikan kamu udah pertimbangkan budget, waktu, dan skill yang kamu punya. Jangan sampai pilihan yang salah malah bikin kamu pusing dan rugi.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.