Cara Kerja dan Manfaat Menggunakan Landing Page Bagi Bisnismu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Bisnis Digital – Di era bisnis digital saat ini, kegiatan melakukan promosi maupun penjualan produk dan jasa secara online membuka peluang dan dapat mendatangkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Tak terkecuali bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk bisa naik kelas. Nah, dalam menjalankan bisnis berbasis online ini, ada banyak digital marketing strategist yang bisa dicoba, seperti memanfaatkan website.

Bagi Kamu yang saat ini menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan website sebagai media promosi tentu memerlukan konten yang bisa memancing ketertarikan konsumen. Namun untuk bisa berhasil melakukan penjualan, tak sekedar konten yang menarik saja, karena penerapan digital marketing website harus dilengkapi dengan adanya landing page. Pengertian landing page adalah halaman pada website yang didesain secara khusus untuk keperluan marketing. Halaman inilah yang nantinya akan menjadi pintu masuk konsumen untuk mengakses website dari hasil pencarian atau dari iklan.

Cara Kerja Landing Page

Tujuan utama kamu melakukan social media campaign tentu ingin membuat konsumen bisa diarahkan ke website atau toko onlinemu bukan? Maka dari itu, ketersediaan landing page di website kamu sangatlah penting. Kamu harus mampu merancang halaman yang dapat membuat pelanggan merasa tertarik atau penasaran, hingga akhirnya masuk ke halaman lain yang bisa menghasilkan konversi. Nah, agar lebih mudah untuk memahami bagaimana landing page ini bekerja, berikut ini contohnya.

  1. Kamu menuliskan informasi berisi penawaran produk dari bisnismu di landing page. Di sana tersedia pula konten yang isinya mengajak konsumen untuk membaca informasi yang tersedia, mengisi formulir, dan kemudian melakukan pembelian produk yang ditawarkan.
  2. Jika konsumen tertarik, mereka bisa langsung melakukan order sesuai dengan arahan atau prosedur yang kamu berikan pada halaman tersebut, misalnya dengan klik tombol tertentu.
  3. Pada saat konsumen menekan tombol Call To Action (CTA) yang diatur sedemikian rupa, maka mereka akan diarahkan langsung ke suatu halaman untuk melakukan pemesanan produk.
BACA JUGA  Berbagi : Pengalaman Ibu Pipit Widya Dalam Membangun Rumah Sendiri

Walaupun begitu, tidak serta merta semua pengunjung atau calon pelanggan memutuskan untuk memesan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan. Semua keputusan tetap ada di tangan mereka. Namun tenang saja, jika kamu belum bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas ini, kamu tetap mendapatkan keuntungan lainnya.

Manfaat Landing Page Untuk Bisnismu

Landing Page dkontenstudio

Selain bisa menghasilkan lebih banyak konversi, adanya landing page akan memberikan banyak manfaat bagi kamu, antara lain:

1. Membantu Mencapai Goals Bisnis

Ini adalah manfaat landing page yang pertama, yakni mencapai goals suatu bisnis.

Contoh:

Ketika ingin menjual suatu produk, ada pebisnis yang langsung menerapkan strategi hard selling untuk menghasilkan penjualan.

Tapi ada juga yang lebih memilih strategi soft selling.

Misalnya dengan terlebih dahulu mengumpulkan database calon pembeli, kemudian di follow-up oleh tim sales hingga menghasilkan penjualan.

Harus diakui bahwa cara yang kedua sering lebih efektif. Dan kamu bisa menggunakan landing page untuk menerapkannya.

Karena di landing page, kamu bisa membuat konten penawaran yang informatif dan edukatif, sehingga membuat calon pembeli tertarik untuk membeli produk kamu.

2. Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Iklan Berbayar

Ilustrasi Layanan Google Ads

Kamu bisa langsung mendapatkan traffic menuju landing page dengan menggunakan iklan berbayar seperti Facebook Ads atau Google Ads.

Syaratnya kamu harus mau mengalokasikan budget iklan untuk “membeli traffic” tersebut.

Landing page yang berkualitas dan profesional akan membantu kamu mengontrol budget iklan.

Caranya?

Begini:

Misalkan kamu sudah membuat landing page untuk menawarkan suatu produk. Kemudian mengiklankannya melalui Facebook Ads, serta memanfaatkan fitur facebook pixel.

Hasilnya ada 1000 pengunjung yang datang ke landing page kamu.

BACA JUGA  Tanjung Putus Surga Bawah Laut Lampung

Ternyata dari 1000 pengunjung tersebut, hanya ada 3% yang menghubungi kamu, dan otomatis menjadi leads bisnis kamu. Sedangkan 97% sisanya pergi.

Kabar baiknya, facebook pixel yang kamu pasang di landing page sudah menyimpan data dari 1000 pengunjung tersebut.

Berikutnya kamu cukup mengiklankan produk kamu kepada 97% pengunjung sebelumnya.

Dengan demikian, biaya iklan yang kamu alokasikan akan lebih tepat sasaran, efektif, dan efisien.

3. Membantu Meningkatkan Lead Conversion

Contoh landing page kampus untuk pendaftaran mahasiswa baru

Manfaat landing page berikutnya adalah mampu meningkatkan lead conversion. Cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

(Jumlah pengunjung yang memberikan databasenya) : (Jumlah total pengunjung landing page) x 100%.

Database di sini bisa berupa email, nomor telepon, atau whatsApp messenger. Intinya adalah informasi kontak calon pembeli yang bisa kamu hubungi.

Landing page bisa membantu meningkatkan jumlah lead conversion bisnis kamu dengan cara meletakkan tombol Call to Action “mencolok” di posisi yang strategis.

Biasanya di awal dan akhir landing page.

Tombol Call to Action ini ketika diklik akan mengarahkan calon pembeli menuju form database. Dan mengajak mereka untuk memberikan informasi kontaknya.

Berikutnya tim sales kamu bisa melakukan follow-up terhadap calon pembeli tersebut hingga menghasilkan penjualan.

4. Membantu Meningkatkan List Email

Keunggulan utama kalau kamu sudah memiliki banyak database, khususnya email, adalah bisa mengoptimalkannya melalui email marketing.

Ringkasnya, aktivitas email marketing akan membuat kamu tetap terhubung dengan pelanggan dan target market secara lebih personal.

Banyak brand dan perusahaan besar yang sudah menerapkan strategi email marketing ini. Dimana mereka rutin mengirimkan email untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dan target marketnya.

Bisa dikatakan bahwa strategi email marketing merupakan salah satu rahasia semakin bertumbuhnya bisnis mereka.

BACA JUGA  6 Tips Sukses Memulai Bisnis Freelance Jasa Pembuatan Website

Sekarang giliran kamu.

Mulai saat ini, kamu sebaiknya mulai mengumpulkan dan terus meningkatkan list email calon pembeli kamu. Salah satu caranya dengan membuat landing page yang call to action-nya mengarah ke form database email.

5. Meningkatkan Kredibilitas Dan Brand Awareness

Ilustrasi

Sekarang kita sampai pada manfaat landing page yang terakhir. Yakni membantu meningkatkan kredibilitas dan brand awareness suatu bisnis.

Sekedar informasi, salah satu elemen penting yang harus diperhatikan pada landing page adalah social proof atau testimonial dari pembeli sebelumnya.

Di landing page, salah satu posisi paling baik untuk meletakkan testimonial adalah setelah benefit dan manfaat produk.

Overall, keberadaan social proof ini akan membantu meningkatkan kredibilitas bisnis kamu, apalagi kalau produk yang kamu jual memang berkualitas.

Pada akhirnya, jumlah pengunjung landing page kamu akan terus meningkat, dan orang – orang akan semakin familiar dengan bisnis kamu.

Dan hal ini akan membantu meningkatkan brand awareness bisnis kamu.

Jadi, tunggu apalagi? Segeralah memasang landing page di website bisnismu. Karena meskipun terkesan sederhana, namun mampu memberikan dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan dan mendorong bisnismu agar mampu bersaing secara global meski dengan budget yang minim.(*)

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.