Kamu Pengguna Tiktok? Yuk Lihat Dampak Positif dan Negatifnya

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Gaya Hidup –  Salah satu aplikasi di media sosial yang saat ini sedang digandrungi dikalangan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa yaitu TikTok.

TikTok sendiri merupakan aplikasi video musik dimana para penggunanya dapat membuat, mengedit dan membagikan video-video pendek lengkap dengan pilihan filter dan musik sebagai pelengkapnya.

Saya adalah salah satu dari jutaan orang yang menggunakan TikTok. Berawal dari rekomendasi teman, saya mulai mengunduh dan menginstal aplikasi TikTok, dan mulai menggunakannya sebagai media hiburan di kala kita suntuk atau bosan.

Image : pexels.com

Kegiatan itu terus berlanjut, yang pada awalnya coba-coba buat usir kebosanan, eh malah keterusan hingga melupakan tugas atau pekerjaan di rumah, menunda-nunda sholat dan kegiatan lainnya.

Saya tidak tau mana yang lebih banyak, apakah TikTok memberikan dampak negatif atau positif. Dampak positifnya yang saya rasakan, saya bisa mendapatkan beragam informasi baru, mulai dari resep masakan, cara mengatur uang, tips jualan, tips memilih skincare, kajian-kajian Islam dan masih banyak keuntungan lainnya.

Selain itu, TikTok juga menyediakan fitur belanja online yaitu TikTok-shop.

Melalui TikTok-shop kita bisa membeli berbagai macam barang seperti sepatu, baju, tas, skincare, dan juga cemilan, dan biasanya harga di TikTok-shop lebih murah daripada online shop lainnya.

TikTok juga menjadi platform kreativitas pemuda-pemuda Indonesia dalam membuat suatu karya yang unik dan menarik.

Di samping banyaknya dampak positif yang ada, dampak negatifnya juga ga kalah banyaknya dan mesti kita waspadai.

Sulit berhenti ketika kita sudah menggunakan aplikasi TikTok ini, menyebabkan kita lupa waktu dan melupakan kewajiban-kewajiban kita sehari-hari. Bahkan sampai bisa kita terus menunda-nunda sholat dan malas berinteraksi dengan orang-orang.

BACA JUGA  Buka Jambore Selam Nasional Pesawaran Fokus Tuntaskan Sampah Plastik

Salah satu hal yang mesti kita waspadai dari TikTok adalah menjaga anak-anak dari efek menonton konten negatif. Banyak hal buruk yang bisa ditiru oleh anak-anak seperti berkata kasar, merokok dan tontonan negatif lainnya.

Oleh karenanya, gunakan TikTok seperlunya saja, jangan sampai terlena dan melupakan segalanya.

Meskipun cukup menghibur, Kita mesti bisa memilah mana konten yang memberikan dampak positif atau negatif. Selalu waspada!

Share.

About Author

Comments are closed.