Freelancer, Studio Desain atau Agensi? Temukan Layanan yang Cocok Bagi Bisnismu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Digital – Memilih penyedia layanan kreatif yang tepat untuk bisnis kamu bisa menjadi tugas yang menantang, terutama dengan opsi yang tersedia saat ini. Coba kamu cari di google “jasa creative design” maka kamu akan mendapatkan jutaan hasil pencarian. Namun, satu pertanyaan yang sering dimiliki pemilik bisnis adalah, “Apa perbedaan antara freelancer, studio desain, dan agensi?” Semua bisnis ini menawarkan pekerjaan yang hampir sama: Desain Logo, Branding, Desain Web, Desain Brosur dll. Namun, tergantung pada tujuan branding atau pemasaran, struktur dan jumlah staf yang berbeda menciptakan dampak besar pada anggaran, proses, dan hasil.

Freelancer: Tenaga Satu Orang

Ilustrasi

Freelancer dibutuhkan ketika Kamu hanya membutuhkan jasa desain untuk kebutuhan campaign sederhana. Dengan seorang freelancer, kamu memiliki akses langsung ke waktu dan layanan mereka karena kamu berkomunikasi langsung dengan orang yang mengelola pekerjaan. Kendala dari pekerja Freelancer adalah seringkali mereka mengerjakan banyak proyek dalam waktu bersamaan, dan pekerjaan kamu bisa tertunda karena kurangnya waktu. Kamu dapat mengandalkan freelancer untuk melakukan pekerjaan sesuai permintaan. Seorang freelancer mungkin saja mampu membangun situs kamu, akan tetapi akan sangat jarang kamu temui yang mampu memahami tujuan bisnismu dan menciptakan identitas merek yang mencerminkan hal tersebut secara optimal.

Studio Desain: Kreatif, Tapi Terbatas

Ilustrasi

Ciri Sebagian besar studio adalah sebagai perusahaan khusus yang berfokus pada layanan tertentu. Namun, tidak seperti layanan yang ditawarkan di agensi, studio mensubkontrakkan berbagai elemen project, seperti desain aset, penulisan, pemrograman, video, atau fotografi. Pekerjaan crossover antara agensi dan studio terjadi secara teratur. Proses internal, akuntansi, ketersediaan, dan tingkat pengalaman juga membedakan studio dari freelancer.

BACA JUGA  Apapun Hasilnya, Tugas Manusia Hanya Berusaha Sambil Berharap yang Terbaik

Studio desain lokal kamu mungkin dapat menangani branding dan desain, tetapi kemungkinan tidak tersedia untuk layanan video, PR, atau media. Atau mereka mungkin saja dapat meniru desain situs web lain, tetapi perlu mengalih pekerjaan untuk pemrograman atau pengoptimalan SEO. Ini penting untuk diingat ketika kamu ingin menetapkan tujuan pemasaran kamu.

Agensi: Paket Lengkap

Ilustrasi

Ketika kamu memikirkan agensi, maka istilah “toko serba ada” akan muncul di benakmu karena bisnis ini menyediakan berbagai layanan. Agen cenderung memiliki tim yang lebih besar yang terdiri dari 10 karyawan atau lebih, memungkinkan beban pekerjaan dilakukan tanpa harus mengalihkan pekerjaan ke pihak ketiga. Di dalam agensi ini, kamu memiliki akses ke para profesional di bidangnya mulai dari desainer dan videografer hingga penulis dan ahli strategi pemasaran.

Dalam banyak kasus, sebuah agen dipekerjakan dengan basis pengikut, serta basis per proyek. Dengan agensi, pesan brand kamu tetap konsisten di semua media. Baik untuk desain logo sederhana atau kampanye skala besar yang mencakup situs web, iklan spanduk, papan reklame, dan tempat TV dan radio, agensi menyediakan semua layanan yang diperlukan untuk bisnis kamu.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.