4 Inovasi Smartphone Terkini yang Diminati Pengguna

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com – Ponsel pintar atau smartphone merupakan salah satu penemuan terbesar dalam bidang teknologi. Di era modern ini, smartphone menjadi benda penting yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Pasalnya, teknologi ini mampu mengakomodir berbagai macam kebutuhan dan kegiatan manusia. Mulai dari bekerja, belajar, bersosialisasi, mencari informasi, menyalurkan hobi, hingga mencari hiburan.

Perubahan pola hidup dan perkembangan kebutuhan masyarakat membuat para produsen smartphone terus melakukan inovasi. Karenanya, produk smartphone juga terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan konsumen sesuai dengan tuntutan zaman.

Lalu apa sajakah inovasi terkini dari smartphone yang menunjang aktivitas pengguna di era digital ini? Berikut ulasannya.

1. Fitur fast charging

Smartphone umumnya terisi dengan banyak aplikasi serta digunakan dengan intensitas pemakaian yang tinggi. Hal ini menyebabkan daya smartphone berkurang dengan cepat. Bagi pengguna yang memiliki mobilitas yang tinggi, tentunya akan cukup merepotkan jika ponsel kehabisan baterai karena akan menyebabkan aktivitas mereka juga terganggu. Mereka juga mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu sampai daya ponsel terisi penuh.

Untuk mengatasi masalah tersebut, produsen smartphone kini berinovasi dengan menawarkan fitur fast charging. Fitur ini bekerja dengan cara mentransfer watt dengan daya tinggi sehingga baterai smartphone dapat terisi dengan cepat. Baterai smartphone yang dilengkapi dengan fitur fast charging dapat diisi penuh hanya dalam waktu 1 jam atau bahkan kurang dari itu. Jadi tak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang asyik main game.

2. Kamera Canggih dengan Teknologi AI

Kamera menjadi salah satu pertimbangan utama ketika seseorang akan membeli smartphone. Kamera smartphone kini dapat difungsikan untuk berbagai tujuan, mulai dari menyalurkan hobi fotografi, mengabadikan momen penting, hingga untuk kebutuhan bisnis atau pekerjaan. Atas dasar inilah para produsen smartphone berinovasi untuk menyematkan kamera ponsel dengan kualitas tinggi.

BACA JUGA  20 Warga Binaan Lapas Narkotika Bandar Lampung Jalani Program Asimilasi di Rumah

Salah satu teknologi terbaru adalah dengan pengaplikasian AI (Artificial Intelligence) pada kamera ponsel. Teknologi ini memungkinkan kamera ponsel untuk dapat menghasilkan foto dan video berkualitas layaknya kamera profesional atau Digital Single Lens Reflex (DSLR). Mode AI dapat memahami pengaturan kamera dan pemrosesan gambar sesuai lingkungan saat pengambilan gambar sehingga dapat berjalan otomatis tanpa pengaturan yang kompleks. Pengaturan tersebut mencakup pengaturan speed, exposure, saturation, kedalaman warna, dynamic range, kontras warna, dan white balance.

Teknologi AI pada kamera smartphone juga dapat mendeteksi objek dan subjek dalam frame foto secara otomatis. Beberapa smartphone saat ini juga telah menghadirkan mode portrait AI yang mampu meningkatkan kualitas efek bokeh. Sebagai informasi, foto bokeh diartikan sebagai foto yang berlatar belakang blur dan hanya fokus kepada salah satu subjek yang berada di depan kamera.

3. Konektivitas 5G

Jaringan 5G menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya yaitu 4G hingga setara dengan kecepatan Wi-Fi. Jika dibandingkan, kecepatan 5G adalah sepuluh kali lebih cepat dari 4G. Karena itulah koneksi 5G dapat membantu pengguna mengikuti era digital yang sudah serba cepat.

Sejumlah produsen ponsel pun kini berlomba meluncurkan smartphone dengan koneksi 5G. Meski jaringan 5G belum dapat dinikmati secara merata di seluruh Indonesia, ponsel dengan konektivitas 5G tetap diminati konsumen. Konsumen berharap ketika nanti 5G sudah tersedia di daerah mereka, perangkat mereka pun sudah siap.

4. Desain Menarik

Hasil penelitian yang dilakukan perusahaan riset GFK Asia pada 2019 lalu menunjukkan bahwa salah satu alasan smartphone dapat diminati konsumen adalah karena desain atau tampilannya yang menarik. Tampilan smartphone yang menarik diyakini turut mempengaruhi penampilan penggunanya.

BACA JUGA  Konflik Akses Sari Ringgung, M Nasir : BPN Harus Turun Tangan
Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.