Street Workout Lampung Komunitas Olahraga Tanpa Nge-Gym

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Bandar Lampung – Olahraga merupakan hal terpenting dalam menjaga kesehatan, mungkin fitness bisa menjadi pilihan Anda, namun jika tidak ingin mengeluarkan biaya dan kualitas yang dihasilkan pun sama dengan nge-gym, di Bandar Lampung terdapat komunitas olahraga bernama street workout yang patut dicoba.

Berdiri pada tahun 2012 lalu yang dikenal dengan nama Indobarian Lampung, komunitas ini sudah berganti frame  menjadi street workout Lampung sejak Mei 2013. Salah satu anggota yang sudah lama bergabung Ary Wiranata mengaku berdikusi untuk mengganti nama tersebut karena Indobarian adalah nama sebuah metode, dirasa kurang tepat akhirnya komunitas ini sepakat untuk berganti nama dan bergabung dengan street workout Indonesia yang berpusat di Jakarta.

Street Workout Lampung

“Awal mulanya itu nama kita bukan street workout tapi Indobarian Lampung, namun nama tersebut hanya nama metode aja. Jadi kita memutuskan untuk ganti nama pada Mei 2013 menjadi street workout Lampung, tapi kita kumpul itu sejak tahun 2012, karena komunitas ini juga udah tersebar di seluruh Indonesia dan berpusat di Jakarta jadi kita juga pastinya confirmed juga ke pusatnya yang berada di Jakarta”, ungkapnya kepada Media Online Lampung dKonten.com.

Sosialisasi yang dilakukan, lanjut dia, dalam merekrut anggota untuk memperbesar komunitas street workout Lampung ini dengan cara melalui jejaring media sosial seperti Instagram, Facebook, dan juga Twitter. Komunitas ini tidak hanya diperuntukan oleh laki-laki namun para wanita juga sangat diperbolehkan untuk bergabung dan latihan bersama.

Aman gak ya street workout ini ? Pertanyaan ini kerap tercetus dari seseorang yang ingin bergabung, komunitas ini memiliki program yang sangat tertata, ada dua program yakni cardio untuk mengurangi berat badan dan juga ada program untuk menaikan masa otot bagi pria yang ingin membentuk tubuh menjadi six pack.

Khusus untuk program penambahan massa otot, ada beberapa jadwal yang harus dipatuhi diantaranya yaitu hari senin dijadwalkan untuk melatih dada, hari selasa dikhususkan melatih otot punggung bentuk latihan seperti back up, untuk hari rabu membentuk otot perut bagi Anda yang ingin six pack, hari kamis tidak ada jadwal latihan alias libur, hari jumat dijadwalkan khusus latihan full body, untuk hari sabtu yaitu lari, dan hari minggu yakni kumpul bareng untuk sharing dan latihan sedikit.

BACA JUGA  Keringat Berlebih, Ini Penyebab yang Perlu Anda Waspadai

Jangan khawatir bagi Anda yang ingin bergabung, komunitas ini juga sering bertukar informasi untuk menambah pengetahuannya dibidang olahraga dan kesehatan. Beberapa komunitas lain seperti L-Men Lampung dan teamshroff Lampung yang berbagi informasi mengenai metode yang benar untuk penambahan masa otot dan juga nutrisi makanan yang tepat agar tubuh tetap terlihat bugar dan sehat.

“Aman banget kok mas, tapi harus dengan metode yang benar dan pastinya diawasi oleh temen-temen yang udah pada ngerti disini, tujuan kita kan disini buat sehat dan bermanfaat juga untuk tubuh. Kita juga disini sering sharing dengan komunitas-komunitas yang lain seperti L-Men Lampung dan Teamshroff Lampung mengenai metode yang benar dalam menambahkan massa otot dan juga makanan-makanan yang bergizi sesuai programnya gitu mas”, beber Ary.

Tidak hanya memberikan pengetahuan untuk olahraga namun street workout Lampung juga mengedukasi tentang pola makan yang juga berpengaruh kepada program latihan yang diambil. Ada dua jenis pola makan yaitu khusus untuk yang memiliki badan gemuk makanan yang masuk kedalam tubuh jangan terlalu berlebihan khususnya yang mengandung kabohidrat, diet juga harus sehat dan boleh makan banyak namun harus bergizi dan terjadwal. Untuk yang memilki badan kurus pastinya harus menambah porsi makanan, khususnya yang mengandung protein salah satu makanan yang baik untuk otot itu adalah telur mentah.

Street Workout Lampung yang kini sudah memiliki anggota sebanyak 70 orang ini melakukan jadwal rutin setiap malam kecuali hari kamis bertempat di Lapangan Saburai dan khusus untuk hari minggu komunitas ini berkumpul di Stadion Pahoman, Bandar Lampung.

“Setiap malam itu kita kumpulnya di Lapangan Saburai. Cuma hari Kamis aja kita gak ada latihan, untuk hari minggu kita kumpul di Stadion Pahoman dan sorenya di Unila untuk rumahnya yang daerah Kedaton atau Rajabasa,” tuturnya.

BACA JUGA  Lakukan Observasi Langsung Dinas PPPA Pesawaran Siap Pulihkan Psikis Anak

Selain melakukan kegiatan fisik, komunitas ini juga memiliki kegiatan lain untuk menghilangkan kejenuhan selama berlatih diantaranya yakni melakukan berenang rutin setiap hari minggu siang di Kolam Renang Unila dan juga sebulan sekali melakukan kegiatan bakti sosial ke panti asuhan.

“Untuk ngatasin jenuh atau bosan kita ada kegiatan berenang barang setiap minggu siang di unila, sebulan sekali juga kita ngadain bakti sosial ke panti asuhan, kemaren juga sempet udah ngadain buka bersama,” paparnya.

Ary juga menambahkan bagi pemula yang baru bergabung dengan komunitas ini akan mendapatkan pelatihan khusus dari tutor yang sudah memahami gerakan-gerakan setiap latihannya dan yang terpenting adalah niat untuk berlatih dan memotivasi diri sendiri untuk menetapkan hidup sehat.

“Yang baru pada gabung pastinya kita akan ngasih latihan khusus buat mereka, tapi yang terpenting itu niat dulu dan motivasinya sih untuk latihan dan menetapkan hidup sehat dalam diri, untuk latihannya tenang aja kita bakal ngajarin, komunitas ini bukan hanya kumpul-kumpul sebatas teman aja, semua yang udah gabung disini kita anggap keluarga pastinya,” jelasnya.

Street Workout Lampung juga berharap komunitas ini akan menyebar dan dikenal oleh masyarakat Lampung dan anggota dari komunitas ini akan bertambah banyak khususnya para wanita yang minatnya masih kurang dalam berolahraga.

“Harapannya pastinya komunitas ini semakin dikenal di Lampung, dan anggotanya juga bertambah jadi makin banyak khususnya untuk cewek-cewek nih yang masih sedikit minatnya untuk berolahraga,” tutupnya. (*/AK)

Share.

About Author

Penggiat kegiatan alam bebas dan olahraga

Comments are closed.