Merasa Salah Jurusan Saat Kuliah? Lakukan Hal Ini Agar Tiada Penyesalan!

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Motivasi – Menjadi mahasiswa adalah salah satu proses awal dari hidup seseorang untuk menentukan bagaimana masa depan yang diinginkan.

Sebagai mahasiswa, tentunya ada harapan bahwa jurusan perkuliahan yang sedang dijalani akan memberikan keuntungan masa depan setelah lulus kuliah nanti.

Sayangnya, kebanyakan mahasiswa hanya ikut-ikutan teman atau demi gengsi semata dalam memilih jurusan. Tanpa mempertimbangkan apakah jurusan yang diambil sesuai dengan minat dan passion yang dimiliki.

Sehingga, tak jarang kita mendengar kasus mahasiswa drop out di tengah jalan. Tidak sedikit pula yang baru tersadar berada di jurusan yang sepertinya tidak sesuai passion di saat akhir semester. Ditambah sudah tidak ada minat sama sekali untuk melanjukan kuliah.

Artikel ini berbagi tips untuk membantu kamu dalam menghadapi masa-masa sulit salah jurusan saat semester akhir dalam perkuliahan.

1. Jadikan hobi sebagai ladang rejekimu

Seringkali hobi yang ditekuni secara serius bisa menghasilkan ladang rejeki. Dan setiap orang biasanya memiliki hobinya masing-masing.

Bagi kamu yang sedang mengalami kegalauan karena salah jurusan, ada baiknya kamu mulai serius menekuni hobimu karena menekuni apa yang kita sukai tentunya akan lebih menyenangkan dalam menjalaninya.

Kamu ga perlu takut ya, karena sudah banyak contoh orang yang bisa sukses membiayai hidupnya lewat hobi tersebut.

2. Bangun usahamu sambil kuliah

Banyak orang yang terjun ke dunia usaha karena mereka tahu bahwa banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Mulai dari bisa mengatur jam kerja sesuai keinginan sampai bisa memberikan lowongan kerja bagi orang lain.

Pengusaha-pengusaha besar yang kita kenal kebanyakan memulai usaha dari nol. Ketekunan, terus belajar dari kesalahan dan pantang menyerah adalah pondasi yang kuat untuk memulai membangun usaha.

BACA JUGA  Kenapa Sih Sosok Ayah Selalu Jadi Cinta Pertama Anak Perempuannya?

Untuk kamu yang baru tersadar bahwa jurusanmu bukanlah minat dan passionmu, cobalah untuk melihat sekitarmu karena ternyata banyak hal kreatif yang bisa dijadikan sebagai ide usaha. Mantapkan hati, rencanakan dengan matang dan mulai bangun usahamu.

3. Gali bakatmu, itu adalah modal awal masa depanmu

Manusia dilahirkan dengan bakat yang berbeda-beda. Bernyanyi, menari, menulis atau melukis adalah sekian dari bakat yang ada.

Mereka yang menemukan bakatnya biasanya akan rela jatuh bangun untuk mengasah dan mengembangkan bakatnya.

Karena bakat yang ditekuni seseorang memiliki keyakinan yang kuat akan jaminan masa depan.

Jadi beruntunglah untuk kamu yang menyadari bakatmu dari sekarang. Kamu bisa memiliki opsi untuk terus menekuni, melatih dan mengembangkan bakatmu. Buat kamu yang baru tersadar telah salah memilih jurusan kuliah, ga perlu khawatir, kamu sudah menemukan bakat sebagai peganganmu untuk masa depan.

4. Mengikuti kursus dan pelatihan bisa menjadi cara bagus menambah keahlian

Saat ini kursus pelatihan untuk keahlian atau mendapatkan ilmu baru tidaklah sulit. Mulai dari keahlian desain, programming sampai dengan beternak lele dengan mudahnya kita temukan. Bahkan beberapa pelatihan bisa memberikan praktek langsung sesuai kebutuhan industri yang berkembang saat ini.

Mempelajari hal baru bisa menjadi batu loncatan untuk menemukan apa yang cocok dengan kemampuan kita. Menambah wawasan dan juga memberikan keahlian yang jarang kita dapatkan di bangku kuliah.

5. Bersyukur dengan kondisi saat ini dan bangun rencana masa depanmu

Manusia itu sering lupa untuk bersyukur. Coba kamu hitung pada dirimu sendiri, berapa banyak ungkapan kekesalan yang sering kamu lontarkan dalam satu hari dibandingkan kata syukur. Dan kamu mungkin merasa menyesal karena baru menyadari bahwa kuliah yang diambil ternyata salah.

BACA JUGA  Pengertian Merek atau Brand

Namun jangan berpikiran pendek untuk berhenti kuliah tanpa berpikir dua kali. Banyak di luar sana teman-teman kita yang ga bisa melanjutkan kuliah karena masalah biaya, dan sesungguhnya kita adalah orang yang beruntung.

Kesalahan mengambil jurusan bukanlah sebuah kegagalan namun hal itu akan terjadi bila kita menyikapinya dengan putus asa dan menyerah. Bangun dan terus kejar mimpimu!

Share.

About Author

Comments are closed.