Kamu Termasuk Tipe Orang yang Lebih Memilih Menyimpan Masalah. Mungkinkah ini Alasannya?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Hubungan – Tujuan kita curhat adalah untuk mendapatkan solusi, mendapat respon, atau sekedar menumpahkan isi hati. Menceritakan masalah kepada teman, sahabat atau kerabat mempu meringankan perasaan tertekan yang kita alami yang tidak mampu kita tampung sendiri.

Tetapi, ada kalanya tidak semua masalah bisa kita ceritakan kepada orang lain. Mungkin saja kamu termasuk tipe orang yang lebih memilih untuk memendam masalahmu sendiri. Berikut adalah beberapa alasan kenapa seseorang tidak mudah untuk curhat!

Tidak mendapatkan teman curhat yang mampu jadi pendengar yang baik

Photo by Verne Ho on Unsplash

Sebenarnya setiap kita yang memiliki sebuah masalah yang cukup berat, ingin kita luapkan dengan bercerita kepada seseorang. Kamu membutuhkan seseorang yang bisa mendengarkan keluh kesahmu dengan baik.

Akan tetapi, bagaimana bisa sebaliknya kamu malah mendapatkan pendengar yang buruk? Tentu saja kamu akan memilih untuk tidak bercerita, daripada kamu tambah kesal karena merasa diabaikan.

Menghindari curhat ke orang yang tidak bisa dipercaya

Kamu pasti akan merasa tidak nyaman jika ada orang yang membocorkan isi curhatannmu kepada banyak orang. Apalagi jika menyangkut masalah yang sangat sensitif, buat kita tambah malu karena rahasia kita dibicarakan oleh banyak orang.

Jadinya masalah yang tadinya hanya di ketahui oleh sedikit orang, malah menjadi gunjingan. Jadi, kamu mesti mendapatkan teman curhat yang benar-benar bisa menjaga rahasia dengan baik, kalo salah, bisa berbahaya!

Kamu termasuk tipe yang memegang prinsip biarkan masalahmu tetap menjadi rahasia untuk dirimu sendiri, orang lain ga perlu tau deh!

Hal teraman yang bisa kita lakukan terhadap sebuah masalah adalah dengan tetap menyimpan masalah yang sedang kita hadapi dengan tidak membagikannya kepada siapapun. Memendam masalah sendiri memang opsi teraman, akan tetapi sesuatu yang dipendam bisa sangat mengganggu dan kemungkinan akan menyebabkan masalah besar nantinya.

BACA JUGA  Panduan Layout Desain: 7 Tips Mengatur Layout Halaman Desain Agar Terlihat Lebih Menarik

Nggak mau bebanin orang lain

Kamu mungkin memilih tidak menceritakan masalahmu karena tidak ingin merepotkan orang lain. Kamu takut dengan kamu curhat, orang lain mesti memikirkan hal yang tidak berhubungan dengan mereka dan jadi ikut merasakan apa yang mesti kita rasakan.

Tidak ingin dibilang manusia lemah

Curhat biasanya adalah kondisi terentan yang kamu miliki. Bahkan beberapa orang ada yang mudah menangis saat menceritakan masalahnya. Mungkin kamu termasuk orang yang ga ingin terlihat lemah di mata orang lain. Jadi memilih untuk tidak curhat menjadi pilihanmu agar selalu terlihat sebagai manusia yang kuat.

Malah sering jadi adu cerita siapa yang paling menderita

Mungkin kamu pernah merasa sebal saat bercerita masalah yang kamu miliki, seseorang malah mencoba membandingkan masalahmu dengan masalah miliknya yang dianggap paling sulit. Mereka menganggap masalah yang kita miliki hanya masalah kecil.

Akhirnya, tujuannya curhat tujuannya untuk mengungkapkan isi hati malah kembali dimasukkan kembali karena merasa cerita yang kita miliki tidak pantas untuk diungkapkan. Sumpah ini ngeselin banget!

Share.

About Author

Comments are closed.