Apa itu User Flow dan Mengapa Penting dalam UX Design?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Desain Produk – User flow merupakan salah satu konsep penting dalam dunia UX design yang digunakan untuk memperbaiki pengalaman pengguna dalam menggunakan sebuah produk atau layanan. User flow sendiri merupakan perjalanan yang dilakukan oleh pengguna dari awal hingga akhir dalam menggunakan produk atau layanan tersebut.

Bisa dibilang user flow ini kayak cerita petualangan kita saat menggunakan produk atau layanan. Kita bisa lihat user flow ini kayak roadmap buat ngeliat proses yang dilalui pengguna dalam menggunakan produk atau layanan tersebut.

Sebagai contoh, mari kita ambil kasus sederhana dari sebuah aplikasi e-commerce. User flow pada aplikasi ini dimulai ketika pengguna membuka aplikasi tersebut dan mencari produk yang diinginkan. Kemudian, pengguna memilih produk yang ingin dibeli dan melanjutkan proses checkout dengan memasukkan detail pengiriman dan pembayaran. User flow berakhir ketika pengguna menyelesaikan proses pembayaran dan mendapatkan konfirmasi pesanan.

Dalam UX design, penting untuk memperhatikan user flow ini untuk memastikan bahwa pengguna dapat dengan mudah menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengidentifikasi titik-titik masalah atau hambatan dalam user flow dan melakukan perbaikan atau penyempurnaan di setiap titik tersebut.

Misalnya, jika pada aplikasi e-commerce di atas terdapat titik masalah pada proses pembayaran, maka UX designer dapat mencari solusi untuk memperbaiki proses tersebut, seperti dengan menambahkan opsi pembayaran yang lebih fleksibel atau memudahkan pengguna dalam memasukkan detail pembayaran.

Dalam hal ini, user flow juga dapat membantu UX designer dalam mengembangkan wireframe dan prototype produk atau layanan. Dengan memperhatikan user flow, UX designer dapat membuat wireframe dan prototype yang lebih efektif dan efisien, sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan produk atau layanan tersebut.

Image : Unsplash.com

Selain itu, user flow juga sangat berguna dalam melakukan pengujian produk atau layanan. Dengan mengamati user flow, UX designer dapat mengidentifikasi masalah yang mungkin dihadapi pengguna dan melakukan perbaikan sebelum produk atau layanan tersebut diluncurkan.

BACA JUGA  5 Tips Membangun Tim yang Solid untuk Perkembangan Bisnis Digital Kamu

Kesimpulannya, user flow merupakan konsep penting dalam UX design yang dapat membantu UX designer dalam memperbaiki pengalaman pengguna dalam menggunakan produk atau layanan. Dengan mengamati user flow, UX designer dapat mengidentifikasi titik-titik masalah dan melakukan perbaikan atau penyempurnaan di setiap titik tersebut. User flow juga sangat berguna dalam mengembangkan wireframe dan prototype produk atau layanan, serta melakukan pengujian produk atau layanan sebelum diluncurkan. Oleh karena itu, UX designer harus memperhatikan user flow secara cermat dalam memperbaiki dan mengembangkan produk atau layanan yang diinginkan oleh pengguna.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.