Tujuan Bisnis, Pengertian, Jenis, dan Fungsinya yang Perlu Dipahami

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Bisnis – Tujuan bisnis tentunya adalah untuk memperoleh laba dan keuntungan. Namun, hal ini tentunya tidak sesederhana itu. Banyak proses yang harus kamu lewati sebelum mendapatkan keuntungan dalam menjalan suatu bisnis ini.

Menurut KBBI, bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan. Untuk terjun ke dalam dunia bisnis, kamu tentunya juga memerlukan bekal pengetahuan tentang apa itu bisnis, jenis-jenisnya, dan tentunya tujuan menjalankannya.

Tujuan bisnis yang paling utama memang untuk memperoleh keuntungan, namun hal ini memiliki tujuan-tujuan tertentu lainnya. Untuk itu, kamu perlu mengenalinya agar tidak kagok saat masuk ke dunia bisnis yang luas tersebut.

Dilansir dari Liputan6.com yang dirangkum dari berbagai sumber, Berikut penjelasan tentang tujuan bisnis.

Pengertian Bisnis

Menurut Businessdictionary, bisnis adalah sebuah organisasi atau sistem ekonomi di mana barang dan jasa dipertukarkan menjadi bentuk lain atau dalam bentuk uang. Setiap bisnis membutuhkan investasi dan pelanggan yang cukup untuk menjual outputnya pada kuantitas tertentu untuk menghasilkan keuntungan. Bisnis dapat dimiliki secara pribadi, bukan untuk keuntungan pribadi.

Menurut Hughes dan Kapoor, pengertian bisnis adalah suatu kegiatan individu yang berorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut Prof. Owen, Bisnis adalah suatu perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasar atau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.Menurut Brown dan Pretello, bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

BACA JUGA  Fakta Menarik 'StartUp', Drakor Raih Rating Tinggi Diperankan Suzy & Nam Joo Hyuk

Tujuan Bisnis

Ilustrasi via Freepik

Tujuan bisnis yang paling utama tentunya adalah untuk memperoleh laba dan keuntungan. Tujuan bisnis ini bisa diperoleh dengan cara memproduksi barang serta juga jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Apapun jenisnya, tujuan bisnis biasanya tetap akan berorientasi pada profit. Namun, bukan berarti bisnis tidak memiliki tujuan lain. Berikut beberapa tujuan bisnis lainnya:

  • Menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  • Meningkatkan kesejahteraan pemilik bisnis dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.
  • Menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat umum.
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
  • Menunjukkan prestise dan kinerja.
  • Menunjukkan eksistensi sebuah perusahaan dalam jangka panjang.

Sedangkan menurut Sternberg, tujuan bisnis adalah melipatgandakan nilai-nilai ekonomis atau keuntungan pemilik perusahaan melalui penjualan barang atau jasa. Sederhanya, tujuan bisnis adalah melipatgandakan keuntungan pemilik bisnis dengan penjualan barang atau jasa.

Jenis Bisnis

Setelah mengenali tujuan bisnis, kamu perlu mengenali jenis-jenisnya. Jenis bisnis bisa dilihat dari motif dan jenis kegiatannya.

Jenis Bisnis Berdasarkan Motif

Dilihat dari motifnya, bisnis dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

  • Bisnis yang berorientasi keuntungan atau profit oriented. Contohnya perusahaan perorangan, CV, firma, PT, dan lain sebagainya.
  • Bisnis yang tidak berorientasi keuntungan atau disebut sebagai bisnis nirlaba. Contohnya adalah yayasan, organisasi sosial, lembaga swadaya masyarakat, dan lain sebagainya.

Jenis Bisnis Berdasarkan Bentuk Kegiatannya

Sementara itu, jika ditinjau dari bentuk kegiatannya, bisnis dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Bisnis Industri, yang bergerak di bidang industri manufaktur seperti halnya industri tekstil, garmen, mesin, dan lain sebagainya.
  • Bisnis Jasa, yang bergerak di bidang jasa untuk menghasilkan suatu produk yang tidak berwujud seperti halnya perbankan, kecantikan, dan lain lain.
  • Bisnis Ekstraktif, yang bergerak dalam kegiatan pertambangan dengan cara menggali bahan bahan tambang yang terkandung dalam perut bumi. Seperti misalnya pabrik semen, pabrik timah, pabrik nikel, dan lain sebagainya.
  • Bisnis Agraris, yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan juga bidang kehutanan.
BACA JUGA  Branding dan Marketing Mana Yang Lebih Penting?

Fungsi Bisnis

Ilustrasi via Freepik

Semua kegiatan bisnis tentunya memiliki fungsi untuk membuat sesuatu yang awalnya kurang bernilai menjadi sesuatu yang bernilai. Nantinya, hal ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setelah diolah.

Berikut beberapa fungsi bisnis yang perlu diketahui:

  • Kegunaan Bentuk (Form Utility), yaitu fungsi produksi dimana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, perusahaan furniture, perusahaan jasa keungan.
  • Kegunaan Tempat (Place Utility), yaitu fungsi distribusi dimana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang atau jasa ke lokasi terdekat yang bisa dijangkau konsumen.
  • Kegunaan Pemilikan (Possessive Utility), yaitu fungsi penjualan dalam bisnis.
  • Kegunaan Waktu (Time Utility), yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, dimana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat.

Itulah beberapa fungsi bisnis yang seharusnya kamu tahu. Mengenali pengertian, tujuan, jenis, dan fungsi bisnis ini dapat membantu kamu saat memasuki dunia bisnis nanti.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.