Serunya Menjadi Pembicara Seminar Desain bersama Smartfren dan MA Maarif Punggur

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Halo, Sobat pembaca! Kali ini saya mau berbagi pengalaman jadi pembicara di sebuah seminar tentang desain di MA Maarif Punggur Lampung Tengah, yang disponsori oleh Smartfren. Jadi, Smartfren tuh merupakan satu-satunya perusahaan teknologi yang menyediakan layanan telekomunikasi di Indonesia yang beroperasi di jaringan 4G sepenuhnya. Dengan wilayah cakupan jaringan nasional, dan lebih dari 43.000 BTS 4G yang tersebar di lebih dari 285 kota di seluruh Indonesia dan saya senang banget bisa jadi pembicara di seminar ini karena saya memang suka sekali dengan desain terutama web desain.

Pertama-tama, acara dimulai dengan sambutan dari MC dan perwakilan dari Smartfren yang memberikan pengantar tentang acara ini. Untuk mencairkan suasana saya memulai sesi pertama dengan perkenalan dan tebak tokoh di bidang teknologi.

Untuk topik pendahuluan saya membahas bagaimana situasi dan kondisi desain sebelum tahun 2000an dengan kondisi saat ini. Dimana desain masih dianggap eksklusif oleh semua orang, Pekerjan desain bukanlah sesuatu yang sering kita lakukan sehari-hari, jadi jarang orang yang mau belajar buat sesuatu yang tidak secara rutin dibutuhkan, sedangkan zaman sekarang kita lebih sering dituntut mendesain dibandingkan dulu. Mulai dari level individu hingga profesional.

Tak luput juga saya tambahkan pembahasan bagaimana tren desain mempengaruhi desainer dalam menghasilkan sebuah karya.

Kemudian saya lanjutkan dengan materi inti bagaimana seorang desainer bisa Ngedesain yang keren itu gimana sih?. Bagaimana caranya menempatkan elemen-elemen visual, font-font apa aja yang harus dipakai? , warna apa yang harus dipilih? dan lain-lain. Terdapat 3 hal yang perlu diketahui oleh peserta terkait desain, dan dipastikan siapapun yang memahami ini bisa mendesain terlepas apapun medianya. Yaitu tujuan desain, elemen desain dan prinsip-prinsip desain.

BACA JUGA  Apakah Website Kamu Memiliki Aksesibilitas yang Baik?

Untuk menghindari kebosanan saya mencoba menampilkan contoh secara visual atau praktek langsung dengan menggunakan tools desain.

Topik yang saya bahas seputar industri, skill yang dibutuhkan, tips desainer hingga contoh siapa saja desainer Indonesia yang bisa sukses dari desain.

Sesi terakhir diisi dengan tanya jawab yang disediakan untuk para peserta seminar. Hal ini memungkinkan para peserta seminar untuk bertanya tentang topik yang dibahas dengan lebih rinci atau meminta saran dari para pembicara. Sesi tanya jawab ini juga sangat berguna untuk memperjelas pemahaman para peserta seminar dan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mungkin belum terjawab selama sesi presentasi. Peserta seminar sangat antusias dan mereka juga memberikan beberapa pertanyaan yang menarik.

Selain sesi tanya jawab, disediakan doorprize untuk para peserta seminar yang beruntung. Doorprize merupakan hadiah yang diberikan kepada peserta seminar yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sesuai topik materi.

Saya senang banget bisa jadi pembicara di seminar ini dan berbagi pengetahuan dan pengalaman saya tentang desain dengan para peserta seminar. Saya juga terkesan banget sama antusiasme dan semangat belajar peserta. Sponsor kami, Smartfren, memberikan pelayanan yang sangat baik dan kualitas produk yang luar biasa. Terima kasih Smartfren karena telah memberikan kesempatan bagi saya untuk jadi pembicara di seminar ini dan mengembangkan kemampuan desain saya.

Share.

About Author

Comments are closed.