Pileg Pesawaran, 40 Dewan Saling Sikut, Empat Pasti Lengser, Mantan Bupati Ikut Nyalon

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com Pesawaran– Pemilihan Legislatif yang tinggal Dua hari lagi akan menentukan siapa calon wakil rakyat yang bakal mewakili aspirasi masyarakat Kabupaten Pesawaran.

Pada pemilihan anggota legislatif tahun ini, sekitar 40 anggota DPRD Pesawaran yang saat ini masih menjabat, kembali mencalonkan diri sebagai wakil rakyat.

Dari 40 wakil rakyat itu, empat diantaranya dipastikan tidak akan duduk kembali di gedung dewan pada pemilu legislatif 2024 ini.

Dari enam daerah pemilihan, persaingan seru terjadi di dapil empat (Wayratai, Margapunduh dan Punduhpidada) dan pantas disematkan sebagai dapil neraka.

Bagaimana tidak, dari lima kursi yang ada di dapil empat ini, delapan anggota legislatif yang saat ini masih duduk di kursi DPRD yakni Firdayana, Suprapto, Evi Dwiyana, Masnawati, Bambang Suheri, Fahmi Fahlevi, Widada, dan Saipudin, saling sikut guna duduk kembali. Selain itu, tiga mantan anggota DPRD Pesawaran yakni Hipni Idris, Rudi Irawan, Susi Gustina turut memanaskan persaingan.

Perebutan lima kursi itu juga bakal semakin tidak mudah diraih, sebab, mantan Bupati Pesawaran Ariesandi Darma Putera juga menginginkan kursi yang sama. Dan dapat dipastikan bahwa tiga dari delapan anggota dewan yang berlaga di dapil empat, lengser dari kursi empuk gedung DPRD Pesawaran.

Sementara di dapil satu Gedongtataan, nama nama familer seperti Devita Sahara, Evi Susina, Aria Guna, Erlinda Widiyastuti, Atut Widiarti, Rusniawati, Mukhlis, Bumairo, dan mantan anggota dewan Totok Sumirat, Supriyadi masih dominan, meskipun nama nama baru memiliki peluang sama dalam memperebutkan sembilan kursi yang ada.

Hal serupa pun sama terjadi dapil Dua Negerikaton sosok anggota dewan saat Lenida Putri, Ns, FX Bambang DSLP, Rani Yunita, Yusak, Paisaludin, Irfani, masih maju memperebuhkan enam kursi yang ada. Ditambah sosok mantan dewan Erjuli yang mencalonkan diri kembali.

BACA JUGA  4 Desainer Grafis Dari Indonesia Yang Mendunia

Kondisi berbeda ada di dapil tiga, di mana anggota DPRD yang masih duduk saat ini Zulkarnain, Pujadi, dan Olan Fitrianando, mendapat tantangan dalam meraih simpati masyarakat Kecamatan Tegineneng.

Pasalnya, mantan Ketua DPRD tiga periode M Nasir, kembali mencalonkan diri dengan membawa bendera berbeda.

Sosok M Nasir ini pernah membawa hattrick kemenangan parpol yang dipimpinnya dahulu dalam persaingan perebutan kursi terbanyak anggota legislatif.

Saat ini M Nasir tentunya membawa semangat yang sama dengan bendera partai NasDem guna memperebutkan lima kursi yang ada di dapil tiga.

Sedangkan muka muka lama, kembali hadir di perebutan enam kursi di dapil lima (Telukpandan dan Padangcermin). Mantan anggota DPRD seperti Johnny Corne, Gunawan, Supriyadi, dan Harto Susanto, akan bersaing dengan wakil rakyat saat ini, yakni Sumaryono, Muzakkar, Yaser Samsuria Ryacudu.

Terakhir, berkurangnya kuota kursi anggota legislatif di dapil enam yang sebelumnya 12 kursi menjadi sembilan kursi membuat 10 anggota dewan saat ini yakni, Rudi Adriansyah, Rohimah Rahman, Saipurrohman, Heri Yurizal Efendi, Harno Irawan, Roliyansyah, Rosdo Yunilam, Saptoni, Subhan Wijaya, Rifki Asofani, berjibaku mempertahankan simpati dan suara masyarakat yang telah memilihnya lima tahun lalu.

Sebab, empat mantan anggota DPRD Pesawaran Mursalin, Farifki Z, Herdra Gunawan, dan Rohman, menginginkan kursi yang sama. Sehingga sudah dipastikan bahwa seorang wakil rakyat bakan tereliminasi di dapil enam.

Diketahui, Di Kabupaten Pesawaran, yang sebelumnya memiliki 45 keterwakilan anggota legislatif, saat ini hanya memiliki 40 kursi. Pengurangan jumlah kursi itu terjadi lantaran adanya pemutakhiran data kependudukan yang menyatakan bahwa jumlah penduduk kabupaten setempat kurang dari 500 ribu jiwa.

Dan saat ini, Kabupaten memiliki enam dapil dari sebelumnya hanya terdapat lima dapil. Dapil Kecamatan Negeri Katon dan Tegineneng yang sebelumnya bergabung kini membetuk dapil masing masing yakni Dapil Dua dan Tiga. Dan Kecamatan Wayratai yang sebelumnya tergabung bersama Kecamatan Padangcermin Telukpandang (Dapil lima), kini berpisah dan tergabung di Dapil empat bersama Kecamatan Punduhpidada dan Margapunduh, Sedangkan Gedongtatatan tepat sebagai dapil satu dan Kecamatan Waylima, Kedondong dan Waykhilau sebagai dapil enam.

BACA JUGA  Koordinasi dengan KPK RI, Pemprov Lampung Komitmen Wujudkan Pemerintahan Bersih

Dan dari 45 anggota legislatif yang saat ini duduk di kursi DPRD, 40 wakil rakyat itu menyatakan akan bertarung lagi meraih simpati masyarakat dengan harapan akan duduk kembali di ‘gedung peci’ Pesawaran.

Sementara, lima anggota Dewan lainnya, empat Diantarannya mencoba peruntungan untuk menjadi wakil rakyat di Provinsi Lampung seperti, Umroni, Tati, Rudi Agus Sunandar, Dan Mustika Bahrum, Sedangkan Agung tidak mencalonkan diri kembali. (***)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.