Menghadapi Klien yang Tidak Peduli dengan Kaidah UI/UX: Tips untuk Menjaga Kualitas Desain Kamu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Dalam dunia desain, klien memang menjadi salah satu aspek yang penting dan perlu diperhatikan. Karena pada akhirnya, desain yang kita buat akan digunakan oleh klien tersebut.

Namun, bagaimana jika klien meminta desain yang kurang sesuai dengan kaidah UI/UX? Tentu saja ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para desainer.

Pertama-tama, sebagai seorang desainer kita harus tetap mengutamakan kaidah UI/UX dalam membuat desain. Kita harus menjelaskan kepada klien bahwa kaidah UI/UX merupakan pedoman yang sudah teruji dan terbukti dapat meningkatkan kualitas dan fungsionalitas dari sebuah desain.

Ilustrasi

Namun, jika klien masih meminta desain yang kurang sesuai dengan kaidah tersebut, maka kita perlu mencoba untuk memahami apa yang diinginkan oleh klien.

Kita dapat bertanya kepada klien secara detail mengenai konsep dan ide yang ingin diwujudkan dalam desain tersebut. Dengan begitu, kita dapat menemukan titik temu antara kaidah UI/UX dan keinginan dari klien.

Selain itu, kita juga dapat memberikan beberapa alternatif desain yang lebih sesuai dengan kaidah UI/UX namun tetap dapat memenuhi keinginan klien.

Namun, jika klien tetap bersikukuh dengan desain yang kurang sesuai dengan kaidah UI/UX, kita perlu memberikan penjelasan secara gamblang mengenai risiko dan konsekuensi dari desain yang tidak sesuai dengan kaidah tersebut.

Ilustrasi (Image:freepik.com)

Kita dapat memberikan contoh-contoh kasus di mana desain yang tidak sesuai dengan kaidah UI/UX dapat mengurangi fungsionalitas dari sebuah produk dan membuat pengguna merasa tidak nyaman saat menggunakannya.

Jika klien masih tidak dapat dimengerti, kita dapat mengajaknya untuk melakukan riset atau survey mengenai preferensi dan perilaku pengguna. Dengan begitu, klien dapat memahami mengapa kaidah UI/UX sangat penting dalam membuat desain yang dapat digunakan secara optimal oleh pengguna.

BACA JUGA  4 Alasan Pentingnya Digital Branding Untuk Bisnis Online Kamu

Namun, ketika semua cara di atas telah dilakukan dan klien tetap tidak ingin merubah desain yang kurang sesuai dengan kaidah UI/UX, maka kita perlu mengambil langkah terakhir yaitu memberikan saran untuk menambahkan beberapa fitur yang dapat meningkatkan fungsionalitas dan kualitas desain tersebut.

Dengan begitu, desain yang kurang sesuai dengan kaidah UI/UX dapat diimbangi dengan beberapa fitur yang dapat membantu pengguna dalam menggunakan produk tersebut.

Kesimpulannya, menghadapi klien yang meminta desain yang kurang sesuai dengan kaidah UI/UX memang menjadi sebuah tantangan yang perlu dihadapi dengan hati-hati.

Namun, sebagai seorang desainer, kita harus tetap mengutamakan kaidah UI/UX dalam membuat desain agar produk yang dihasilkan dapat digunakan secara optimal oleh pengguna.

Kita dapat mencoba untuk mencari titik temu dengan klien dan memberikan beberapa alternatif desain yang sesuai dengan kaidah UI/UX.

Namun, jika semua cara tersebut telah dilakukan dan klien masih tetap bersikukuh dengan desain yang kurang sesuai, maka kita dapat memberikan saran untuk menambahkan fitur-fitur yang dapat meningkatkan fungsionalitas dan kualitas desain tersebut.

Yang terpenting adalah kita harus terus berkomunikasi dengan klien dengan jelas dan terbuka agar keinginan dari klien dapat dipahami dan solusi yang tepat dapat diberikan.

Namun, selain menghadapi klien yang meminta desain yang kurang sesuai dengan kaidah UI/UX, sebagai desainer juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya seperti:

  1. Memiliki pengetahuan yang luas mengenai kaidah UI/UX agar dapat memberikan saran dan solusi yang tepat kepada klien.
  2. Mempelajari perilaku dan preferensi pengguna agar desain yang dibuat dapat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.
  3. Menerapkan prinsip desain yang sederhana namun tetap fungsional agar desain tidak terlalu rumit dan mudah digunakan oleh pengguna.
  4. Menggunakan tools atau software yang tepat agar proses desain dapat berjalan lebih efisien dan hasil yang dihasilkan lebih optimal.
  5. Selalu memperhatikan perkembangan tren desain terbaru agar desain yang dibuat tetap up-to-date dan dapat bersaing dengan produk-produk sejenis di pasar.
BACA JUGA  Dawam Rahardjo - Azwar Hadi Ungguli Petahana di Lampung Timur

Dalam menghadapi klien yang meminta desain yang kurang sesuai dengan kaidah UI/UX, sebagai desainer kita harus tetap profesional dan mengedepankan kualitas dan fungsionalitas dari desain yang dibuat.

Kita juga harus dapat berkomunikasi dengan klien dengan baik agar solusi yang tepat dapat diberikan dan kepuasan dari kedua belah pihak dapat tercapai.

Share.

About Author

I am a Full-Stack Designer who loves to translate designs files into Website and Application, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.