Angka Stunting Turun Drastis Kabupaten Raih Penghargaan di Harganas Ke 31

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran – Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi, menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat atas pencapaian penurunan angka stunting terbesar, yaitu sebesar 15,1%.

Penghargaan ini diserahkan oleh Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyaratan dan SDM, Intizam kepada Ketua TPPS Kabupaten Pesawaran yang diwakili Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran, Nurhayati, pada upacara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tingkat Provinsi Lampung di  Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung.

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kerja keras dan dedikasi Nanda Indira Dendi dan seluruh tim TPPS Kabupaten Pesawaran dalam menurunkan angka prevalensi stunting dari 25,1% pada tahun 2022 menjadi 10,0% pada tahun 2023, berdasarkan hasil dari Survey Kesehatan Indonesia (SKI) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, dan implementasi berbagai kebijakan strategis seperti Peraturan Bupati No. 35 Tahun 2023 tentang Percepatan Penurunan Stunting, serta Surat Edaran Bupati dan SK pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting dari tingkat kabupaten hingga desa. Kabupaten Pesawaran juga menetapkan desa lokus stunting per tahun dan melaksanakan delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting.

Intervensi yang dilakukan meliputi pemberian makanan tambahan oleh Dinas Kesehatan untuk sasaran berisiko stunting, peningkatan peran Tim Pendamping Keluarga (TPK), serta perbaikan lingkungan dan sanitasi berbasis masyarakat.

Selain itu, bantuan juga diberikan dalam bentuk pemberian telur dari Baznas dan CSR di lokus stunting serta pembentukan dan pembinaan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) sebagai wadah penurunan stunting di desa.

Pada peringatan Harganas ke-31 ini, Kabupaten Pesawaran juga meraih sejumlah apresiasi lainnya, termasuk:
– Terbaik I Kategori Penyuluh KB PNS Tingkat Provinsi Lampung atas nama Muhamad Ilham, S.Sos.
– Terbaik I Kategori KB Lestari 20 Tahun atas nama Siti Maryam/Vista D. Iskandar.
– Terbaik III Kategori Kelompok KB Pria atas nama Kelompok KB Pria Garuda.

BACA JUGA  PAW Anggota DPRD Pesawaran Tengah Dalam Proses Rani Yunita Gantikan Sucipto

Penghargaan dan apresiasi ini menjadi bukti nyata komitmen dan kerja keras Kabupaten Pesawaran dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menurunkan angka stunting. Kabupaten Pesawaran akan terus berupaya maksimal dalam program penurunan stunting dan berkomitmen untuk mencapai target yang lebih baik di masa depan. (Rilis)

Share.

About Author

Comments are closed.