5 Ide Bisnis Modal Ngirit, Pilih yang Mana?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com – Memulai bisnis kadang menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan. Pasalnya, banyak orang yang beranggapan, bisnis harus dimulai dengan modal besar. Padahal, bisnis juga bisa dimulai dengan modal seminimum mungkin, loh.

Melansir businessnewsdaily.com, berikut 5 ide bisnis yang bisa kamu mulai dengan modal seirit mungkin. Apa saja ya?

1. Content Creator

Media sosial yang kini menjadi gaya hidup menciptakan banyak peluang bagi orang-orang yang berjiwa kreatif. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis baru menjadi content creator. Bermodal ide kreatif, gadget, dan internet, kamu bisa mulai membuat konten di media sosial. Jangan pernah takut untuk mencoba, ya!

2. Jasa Event Organizer

Kamu orang yang terorganisir dan detail? Sepertinya sifat itu bisa kamu jadikan modal sebagai seorang event organizer. Bisa dimulai dari acara kecil-kecilan seperti ulang tahun, acara reuni, perlahan bisnismu bisa berkembang mengelola acara besar seperti pernikahan atau pesta perusahaan.

3. Konsultan Media Sosial

Lagi-lagi media sosial bisa menjadi ladang cuan. Setiap pebisnis pasti memiliki akun media sosial bisnis mereka. Nah, jika kamu benar-benar menguasai bidang ini, kamu bisa menjadi konsultan yang bertugas membuat strategi media sosial yang hebat bagi bisnis mereka. Kamu bisa beri masukan taktik terbaik, jadwal posting, dan konten untuk audiens target bisnis mereka. Jika followers meningkat pesat, maka bisnismu sebagai konsultan media sosial pun menjadi semakin terpercaya.

4. Layanan Penerjemah

Siapa bilang lulusan sastra tak punya masa depan? Prodi sastra terutama sastra asing mengharuskanmu menguasai bahasa selain Indonesia. Nah, setelah lulus, kamu bisa gunakan kemampuanmu ini untuk menjadi translator atau penerjemah bahasa. Kamu bisa menawarkan jasamu ini ke perusahaan multinasional, sekolah, atau pihak-pihak yang memang membutuhkan jasa penerjemah.

BACA JUGA  Pengen Tinggal di Jepang? Coba Baca Dulu Pengalaman Wanita Ini

5. Desain Grafis

Menjadi seorang desainer juga menjadi peluang yang cukup menggiurkan saat ini. Sebab, setiap pengusaha pasti membutuhkan aset visual untuk bisnis mereka. Nah, para desainer yang jago desain grafis bisa menawarkan jasanya kepada pengusaha-pengusaha ini. Modalnya yaitu skill, komputer, aplikasi desain dan portofolio pekerjaan kamu.

Nah itu dia 5 ide bisnis dengan modal minim yang bisa kamu mulai. Jangan pernah takut gagal karena kalau belum coba, kamu nggak akan tahu hasilnya kan?

Share.

About Author

I am a Full-Stack Designer who loves to translate designs files into Website and Application, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.