American English (AE) or British English (BE) ?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com – Ada pepatah mengatakan bahwa Amerika dan Inggris adalah dua negara yang dipisahkan oleh bahasa. Sebetulnya apa saja yang berbeda? Yuk kita lihat sekilas

Vocabulary

Yang paling terlihat ya vocabulary. Misalnya liburan adalah on vacation untuk AE sementara BE menyebutnya on holidays/ on hols.  Contoh penggunaanya adalah, “ New Yorkers live in apartments sementara Londoners  live in flats.”

Tag Questions

Biasanya tag questions digunakan untuk mengubah pernyataan menjadi pertanyaan, sehingga respon yang diberikan akan menyetujui atau tidak menyetujui.  Misalnya, “You hate him, don’t you?” Biasanya dengan adanya tag question, maka orang kedua biasanya akan menyetujui pernyataan itu  dengan alasan. Nah, American menggunakan taq questions lebih sedikit dibandingkan dengan para British.

Spelling

American harus berterimakasih kepada Noah Webster yang membuat kamus berdasarkan American spelling di tahun 1700an.  Akhirnya kita bisa melihat bahawa ada color (AE) dan colour (BE), honor (AE) dan honour (BE),  labor (AE) dan labour (BE).

Past tense verbs

Perbedaan selanjutnya bisa kita lihat pada bentuk kata kerja masa lampau. Bentuk past tense dari learn adalah learned (AE) dan learned/learnt (BE). Bentuk past tense dari dream adalah dreamed(AE) dan dreamt (BE). Bentuk past tense dari burn adalah burned (AE) dan burnt (BE). American menggunakan got/gotten sementara British hanya menggunakan got. Misalnya  American mengatakan ,  “I have never gotten caught” sementara British atau Brit mengatakan , “I have never got caught.”

American cenderung menggunakan akhiran –ed dan British cenderung menggunakan akhiran –t. Namun jangan terlalu khawatir, penduduk kedua negara ini dapat mengerti keduanya walaupun British cenderung berfikir cara American tidak benar.

BACA JUGA  Menghadapi Klien yang Tidak Peduli dengan Kaidah UI/UX: Tips untuk Menjaga Kualitas Desain Kamu

Collective nouns

Collective nouns atau kata benda jamak AE mengacu pada sekelompok individu. Jadi bentuknya tunggal atau singular. Misalnya staff mengacu pada sekelompok pekerja, band mengacu pada sekelompok pemusik, team mengacu pada sekelompok atlit. Maka, kalimatnya kana berbunyi ,”The team is good.”

Tetapi Collective nouns atau kata benda jamak BE bisa mengacu pada bentuk tunggal/singular dan juga jamak/plural. Bisa jadi British akan mengatakan, “The team are playing tonight” or “The team is playing tonight.” Kedua bentuk ini sama-sama sering di pakai. Bahkan TOEFL pun mengisyaratkan kemampuan kita membedakan kedua bentuk ini.

Auxiliary verbs

Pernah dengar kalimat  Shall we go now?  Siapa yang kira-kira mengatakan kalimat ini? British atau American? Ya! British akan memakai kalimat ini untuk mengajak pergi sementara American akan mengatakan Should we go now?

Kata need dalam AE adalah kata kerja sedangkan dalam BE bisa dipakai sebagai auxalary verb. Maka kalimat dalam AE adalah . “You do not need to come to work today.” Sementara dalam BE kalimatnya akan berbunyi “You needn’t come to work today.”

Reference

https://learningenglish.voanews.com/a/six-difference-between-britsh-and-american-english/3063743.html

English Corner merupakan bagian dari dKonten mengupas serba-serbi belajar Bahasa Inggris mulai dari ide umum sampai ke hal terkecil yang memberikan masukan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Bahan akan memakai Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan campuran.

Share.

About Author

Experienced Civil Servant with a demonstrated history of working in the education management industry. Skilled in English as a Second Language (ESL), E-Learning, Teaching English as a Second Language, Educational Technology, and Instructional Design. Strong education professional with a Master’s Degree focused in English Language and Literature, General from Universitas Lampung (Unila).

Comments are closed.