Gandeng GGF Pemkab Pesawaran Gelar Kontes Durian

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama

dKonten.com, Pesawaran – Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran menggandeng PT. Great Giant Foods Lampung Tengah untuk mencari bibit durian lokal percontohan dengan menggelar kontes durian di Desa Sungai Langka.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama Kamis, 24 Januari 2019.

“Sekitar 87 peserta akan mengikuti kontes durian tersebut. Di mana para peserta berasal dari warga desa setempat,” kata dia.

Menurut dia peserta akan membawa masing-masing durian yang nantinya akan dikonteskan. Dalam kegiatan tersebut, dimaksudkan untuk mencari varietas durian lokal unggulan.

“Dari peserta tersebut dewan juri akan memilih 10 besar durian terbaik. Di mana, peserta tersebut membawa durian dari jenis dan pohon yang berbeda,” kata dia.

Nantinya, kata dia lagi, pohon durian tersebut akan dijadikan percontohan untuk dikembangkan khususnya durian lokal.

Sementara, Kepala Desa Sungai Langka, Erwan mengatakan, Desa Sungai Langka merupakan salah satu kampung durian.

“Hampir 70 persen warga setempat memilki pohon atau kebun durian.”

“Dan beberapa durian lokal yang akan dikonteskan diantaranya, durian mentega, durian tembaga, durian dandang dan jenis lainnya,” kata dia.

Menurut dia, dalam kegiatan itu ada petani yang menjual durian mereka, tentu saja harganya tidak mahal, karena langsung dari petani.

Desa Sungai Langka lanjut Erwan memang telah disiapkan dan dikembangkan sebagai destinasi wisata kampung durian di Kabupaten Pesawaran. Dan salah satu upaya mendukung pengembangan destinasi tersebut, dengan meminimalisir penjualan durian ke luar dari Desa Sungai Langka

“Kita berharap para pembeli bisa langsung membeli dengan pengepul, dan petani langsung. Dan juga sebagai wisata edukasi juga mengenal pohon durian,” kata dia.

Lebih jauh pihaknya mengatakan, meskipun Sungai Langka dikembangkan menjadi salahbsatu destinasi wisata dengan ikon duriannya, namun pihaknya belum menerapkan tarif retribusi bagi pengunjung, sebagai salah satu sumber PADes

BACA JUGA  Tingkatkan IPM, SNV - Pemprov Lampung MoU Sanitasi

“Belum, karena peraturan desanya belum dibuat. Namun pokdarwisnya sudah terbentuk dan tinggal meningkatkan wawasan dan kapasitas mereka dalam bidang pariwisata,” kata dia. (**)

Share.

About Author

Comments are closed.