Dinsos Pesawaran Nilai Desa Kurang Proaktif Terkait Data Kemiskinan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran menyayangkan kurangnya peran serta aparatur desa untuk melakukan validasi dan verifikasi data kemiskinan di masing-masing desa. Pasalnya, dari 148 desa di Pesawaran, hanya beberapa desa yang sudah menyerahkan verifikasi data kemiskinan.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Pesawaran, Yulizar, Rabu, 23 Januari 2019.

“Dari tahun lalu, kita berkirim surat agar desa melakukan verifikasi,” kata dia.

Menurut dia, saat ini baru 5 persen desa yang sudah menyerahkan data kemiskinan.

“Karena hal itu penting, dan kepala desa yang sangat berperan bersama BPD melalui musdes untuk mencoret dan menginput data warga mereka yang akan masuk dalam data kemiskinan,” kata dia.

Dikatakan dia, berdasarkan dari Basis Data Terpadu (BDT) jumlah warga yang masuk dalam data kemiskinan mencapai 65.092 kepala keluarga. Dan saat ini baru 40.710 kepala keluarga yang menerima bantuan dari pemerintah pusat, baik beras sejahtera, PKH dan program lainnya.

“Paling lambat Mei ini data verifikasi harus sudah masuk ke Kementerian. Sehingga pendataan ini harus benar-benar dilaksanakan semaksimal mungkin oleh aparatur desa.”

“Kita sudah imbau juga pihak kecamatan untuk turut berperan serta dalam mendampingi pelaksanaan pendataan ini,” kata dia. (**)

BACA JUGA  Dapat Bukti Kadis Pesawaran Tak Netral, Alzier Siap Beri Rp10 Juta
Share.

About Author

Comments are closed.