Wilayahnya Dilanda Banjir Dinas PU Pesawaran Petakan Kerusakan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pesawaran, tengah memetakan sejumlah kerusakan infrastruktur akibat banjir yang melanda di beberapa titik pada Minggu termasuk jembatan penghubung Desa Sungai Langka dengan Kurungan Nyawa dan jembatan penghubung Cipadang dan Padangratu.

Hal itu dikatakan plt. Kepala Dinas PU Pera Zainal Fikri, Senin, 18 Februari 2019.

“Kita tengah petakan kerusakan infrastruktur akibat banjir kemarin. Kita akan bahas lebih lanjut apakah nanti bisa ditangani melalui anggaran tanggap darurat atau dari sumber lain,” kata dia.

Menurut dia, jika perbaikan menggunakan anggaran darurat bencana, maka harus mempunyai dasar yakni surat darurat bencana yang ditetapkan oleh Bupati Pesawaran. Dimana jika tidak cover melalui anggaran tersebut, pemerintah daerah akan menggunakan APBD.

“Itu (APBD) di perubahan paling baru perencanaan,” kata dia.

Selain itu, pihaknya bersama OPD terkait juga tengah menginventarisir OPD penanggungjawab untuk penanganan terhadap kerusakan sejumlah infrastruktur tersebut. Seperti jembatan gantung di Desa Bunut Seberang merupakan kewenangan di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.

“Mana yang menjadi kewenangan kita dan mana yang perkim, itu akan kita petakan,” kata dia.

Jembatan gantung di Bunut Seberang Kecamatan Way Ratai mengalami pergeseran abutmen. Kemudian jembatan besi di Desa Cipadang merupakan peninggalan dari zaman Belanda. Termasuk penanganan tanggul  Way Tabak di Desa Teba Jawa Kedondong.

“Kita akan komunikasikan juga ke pihak PTPN VI agar bisa membantu melalui program CSR mereka. Hasil inventarisasi segera kita laporkan dengan pimpinan, untuk menentukan langkah lebih lanjut,” kata dia. (**)

Laporan Bambang T

BACA JUGA  Cawabub Pesawaran Ini Janjikan Wisata Gratis Ke Sari Ringgung
Share.

About Author

Comments are closed.