Tips dan Trik Meningkatkan SEO Website WordPress

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Teknologi – Sebuah website, meskipun memiliki tampilan yang menakjubkan ataupun konten yang bagus, akan menjadi tidak berharga jika tidak ada yang tahu keberadaannya. Itulah mengapa pentingnya SEO, website yang dioptimalkan dengan baik jauh lebih memungkinkan untuk bisa ditemukan di mesin pencari secara organik (tidak berbayar).

Jika situs Kita dibangun dengan WordPress, maka sebenarnya Kita sudah mengawali proses optimasi yang baik. WordPress adalah CMS yang dibangun dengan SEO yang cukup optimal, sehingga Kita tinggal menyiapkan strategi khusus SEO yang disesuaikan dengan kebutuhan pemasaran.

Ilustrasi dashboard wordpress

Tetapi ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui dalam mengoptimalkan situs WordPress. Worpdress adalah sebuah platform terbuka dimana Kamu harus memeriksa tema dan plugin untuk memastikan web memiliki pengaturan terbaik.

Berikut ini upaya yang bisa Kita lakukan untuk meningkatkan SEO pada situs web WordPress:

1. Cek Pengaturan WordPress

WordPress memiliki beberapa pengaturan yang tentunya akan berpengaruh pada SEO. Tetapi ketika Kita terburu-buru meluncurkan situs, seringkali ada yang terlupakan. Sebelum situs web dipublikasikan, pastikan untuk memeriksa beberapa item berikut:

Pengaturan wordpress

Settings > General

Pastikan Judul Situs dan Tagline disetting dengan benar. Karena seringkali ketika Kita mengatur Judul saat menginstal WordPress, Tagline dalam kondisi default dengan tulisan “Just Another WordPress Site”. Jika Kamu tidak memperhatikan, maka itu akan muncul di daftar pencarian. Segera ubah Tagline menjadi kata yang lebih relevan atau mengkosongkannya.

Settings > Permalinks

WordPress pada umumnya dilengkapi dengan permalinks yang SEO friendly. Tetapi masih memungkinkan untuk diotak-atik untuk memastikan pengaturan terbaik pada situs web Kamu. Opsi Post Name sebenarnya cukup bagus. Tetapi jika Kita sering mempublikasikan artikel, penggunaan opsi Day and Name atau Month and Name mungkin lebih tepat.

BACA JUGA  Pola Pikir dan Skill Berikut Harus Dimiliki UX Designer!

Settings > Reading

Saat situs masih dalam pengembangan, sering kali Kita harus memblokir mesin pencari, dan lupa untuk membatalkan pemblokiran setelah peluncuran. Sebaiknya periksa pengaturan Search Engine Visibility sebelum meluncurkan situs untuk berjaga-jaga.

2. Pastikan Kamu menggunakan Tema dengan Markup yang Tepat

Ilustrasi tampilan website berbasis wordpress – wsiagro.com

Tema WordPress yang dibuat dengan baik dapat memiliki dampak yang sangat positif untuk meningkatkan SEO. Tetapi seringkali tema-tema lama kurang bagus dan dapat mempersulit mesin pencari untuk mengindeks konten dengan tepat. Berikut beberapa hal yang harus Kita perhatikan ada di dalam tema Kita:

Markup HTML5 yang Semantik

Kita upayakan untuk mencari tema yang berisi Markup HTML5 yang Semantik. Struktur dokumen terdiri dari tag seperti header, footer, article dan aside. Navigasi harus dibungkus dengan tag nav. Judul halaman / artikel harus dibungkus dengan h1, h2 atau h3.

Meskipun situs web Kita mungkin tidak terlihat berbeda dengan mata telanjang, tetapi Google bot akan melihat markup ini sebagai cara untuk mengindeks sesuatu dengan lebih efisien.

Layout Website yang Responsive

Entah Kamu membuat tema sendiri atau menggunakan tema dari pihak ketiga, fungsi responsive harus berfungsi dengan baik di perangkat seluler. Karena ini berkaitan dengan SEO juga, karena Google akan menandai situs yang tidak dioptimalkan untuk perangkat seluler dalam hasil pencarian.

3. Instal Plugin SEO-Boosting

Ulustrasi plugin

Ada banyak plugin yang baik untuk meningkatkan SEO pada WordPress. Kita harus bisa memilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. SEO Yoast adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan karena memiliki lebih dari 5 juta instalasi. All in One SEO Pack juga memiliki lebih dari 3 juta instalasi dan juga merupakan pilihan yang cukup baik. Keduanya adalah plugin yang paling terkenal dan populer.

BACA JUGA  Mengenal Kampanye Digital, Strategi Pemasaran di Era Digital

Terlepas dari plugin yang Kamu pilih, ada beberapa fitur standar yang harus dimiliki:

Mengoptimalkan setiap Artikel Page dan Post

Setiap konten harus dioptimalkan dalam beberapa cara. Sebuah plugin dapat memungkinkan Kita mengoptimalkan setiap halaman dan posting. Hal yang bisa Kita ubah diantaranya judul, kata kunci (keywords), dan deskripsi.

Pengoptimalan Otomatis

Ada baiknya jika plugin memiliki fungsi otomatis dalam optimasi konten. Plugin SEO yang baik akan memungkinkan Anda untuk mengubah judul, deskripsi dan permalink secara otomatis.

OpenGraph Data

OpenGraph Data sangat penting untuk memungkinkan konten Kita untuk bisa dibagikan di media sosial. Ini mengambil item seperti judul halaman, gambar dan deskripsi untuk ditampilkan pada Facebook dan Twitter.

XML Sitemap

Mengirimkan peta situs XML ke Google adalah cara mudah untuk memastikan bahwa mereka dapat mengindeks konten Situs web.

4. Optimalkan Konten

Ilustrasi. Foto: Freepik.com

Markup dan Konten adalah bagian terbaik dari SEO, beberapa praktek terbaik diantaranya adalah:

  • Gunakan Heading / Judul yang Tepat
  • Gunakan Tautan / Link Internal
  • Gunakan ALT pada Gambar, dll

Dengan kombinasi tema yang tepat, plugin dan strategi konten dapat membuat situs WordPress Kamu dapat sepenuhnya dioptimalkan untuk mesin pencari.

Luangkan waktu untuk memeriksa daftar di atas untuk memastikan Kamu melakukan semua yang dapat dilakukan terkait SEO. Sedikit usaha tetapi dapat memberikan perbedaan besar dalam hasil yang didapat.

Penulis : Galih

Share.

About Author

I am a Full-Stack Designer who loves to translate designs files into Website and Application, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.