Tips Buat Kamu Memilih Fakultas Kedokteran yang Cocok

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pendidikan – Mungkin kamu sudah mantap dengan cita-cita ingin jadi dokter. Lalu akan berjuang mendapatkan satu kursi di Fakultas Kedokteran untuk membuka jalan menggapainya. Tetapi Fakultas Kedokteran seperti apa yang akan membawamu menuju impianmu?

Tips yang diberikan oleh Ellen, mahasiswa tahun kedua di Fakultas Kedokteran Cardiff University, Inggris ini, mungkin bisa membantu.

Dengan mempertimbangkan lebih cermat sejak awal, kamu bukan saja memiliki kemungkinan besar diterima, tetapi juga cocok dengan kapasitas dirimu.

Ellen membagikan tips ini lewat blog yang direkomendasikan oleh universitas tempat dia menuntut ilmu, Cardiff University Blogs Students Bloggers.

Menurut Ellen, ada lima faktor yang penting untuk dipertimbangkan.

1. Struktur Perkuliahan

Ilustrasi

Sering kali ada anggapan semua Fakultas Kedokteran sama saja, dan di ujungnya akan menghasilkan dokter. Namun, menurut Ellen, pencermatan yang lebih mendalam akan memampukan kita melihat perbedaannya. Misalnya, sebagian besar Fakultas Kedokteran menekankan perkuliahan di dalam kelas pada tiga tahun pertama, dengan paparan yang terbatas dengan pasien. Namun ada juga Fakultas Kedokteran yang sudah membawa mahasiswanya bertemu pasien sejak tahun pertama. Ada Fakultas Kedokteran yang lebih menekankan pembelajaran sudi kasus. Hal-hal semacam ini dapat menjadi faktor untuk kamu pertimbangkan.

2. Persyaratan Masuk

careeraddict.com

Sulit tidaknya untuk dapat diterima di sebuah perguruan tinggi di Indonesia sering disederhanakan menjadi passing grade. Yakni batas nilai minimal yang harus dipenuhi untuk dapat diterima di perguruan tinggi dimaksud. Walaupun tidak ada nilai resmi terhadap passing grade, banyak lembaga yang memberikan gambaran yang dapat dijadikan perbandingan. Ellen mengatakan persyaratan masuk ke sebuah Fakultas Kedokteran harus dicermati. Memperbandingkannya satu dengan yang lain menjadi salah satu cara untuk menetapkan pilihan. Seringkali ada pembaruan peraturan dari tahun ke tahun dan hal ini harus dicermat

BACA JUGA  Dosen IIB Darmajaya Jadi Pembicara Seminar Internasional

3. Ranking dan Rekomendasi

Ilustrasi

Banyak orang, untuk lebih mudahnya, melakukan pilihan berdasarkan peringkat universitas. Namun, menurut Ellen, tidak perlu terlalu merepotkan hal ini apabila semua Fakultas Kedokteran pada akhirnya menghasilkan dokter. Lagipula peringkat universitas dari tahun ke tahun berubah. Maka ia menyarankan lebih baik memberi perhatian pada struktur perkuliahan yang menurut kamu lebih cocok dengan kapasitas kamu.

Ellen justru lebih mempertimbangkan rekomendasi dari pekerja-pekerja medis yang lebih senior. Ulasan mereka tentang kampus masing-masing biasanya banyak tersedia di berbagai saluran media sosial. Rekomendasi mereka tentang Fakultas Kedokteran tertentu layak disimak. Dari rekomendasi mereka kamu akan mendapat gambaran seperti apa cara belajar di universitas tertentu dan apakah kamu akan siap dengan cara tersebut.

4. Biaya

Dalam mempertimbangkan biaya, menurut Ellen, ada beberapa elemen yang harus diperhatikan. Pertama, elemen terbesar sudah barang tentu adalah biaya masuk universitas. Baik kuliah di dalam maupun di luar negeri, hal ini patut dipertimbangkan dengan matang.

Biaya lainnya adalah biaya perjalanan bila kamu memilih kuliah di luar kota apalagi di luar negeri. Semakin jauh semakin tidak dapat kamu pulang ke rumah sesering mungkin. Juga pertimbangkan transportasi umum di kota tempat Fakultas Kedokteran pilihanmu berada. Apakah akan dapat menunjang perkuliahan kamu. Yang tidak kalah penting dan tidak kalah besar adalah akomodasi, kecuali bila kamu kuliah di kota tempat orang tuamu berada.

5. Preferensi pribadi lainnya

Ilustrasi. Foto : Freepik

Ada berbagai preferensi pribadi yang mungkin juga akan mempengaruhi keputusanmu. Apakah kamu sudah sangat ingin mencoba hidup mandiri, jauh dari orang tua, atau sebaliknya? Jika kamu seorang yang religius dan faktor tempat beribadah sangat penting, itu juga akan mempengaruhi keputusan memilih kota tempat Fakultas Kedokteran yang kamu inginkan.

BACA JUGA  Kenapa Banting Harga dalam Jasa Kreatif Tidak Akan Mendatangkan Keuntungan Jangka Panjang?

Selain 5 pertimbangan di atas, kamu perlu mencari tau aspek-aspek penting lainnya untuk membantu kamu ambil keputusan dimana kamu akan memilih fakultas kedokteran yang cocok. Karena Menentukan pilihan tempat kuliah sama halnya dengan menentukan masa depan kamu, jadi gak boleh asal apalagi ikut-ikutan. Cari tempat kuliah dengan jaminan lulusan berkualitas, fasilitas yang lengkap, akreditasi kampus,  sistem terpadu yang mempermudah proses belajar dan bisa mendapat kesempatan studi banding dengan universitas di luar negeri serta pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Buat Kamu yang masih pada bingung mau kuliah dimana, kamu bisa gabung di kampus terbesar di Lampung yaitu Universitas Malahayati. Dengan luas sekitar 84 hektar, Fasilitas penunjang akademik dan non akademik yang terintegritas tentunya Kampus Malahayati menjadi pilihan tepat untuk mahasiswa menimba ilmu. Klik disini untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru 2021/2022 via online.

Share.

About Author

Comments are closed.