Perbedaan Iklan Gratis dan Berbayar Untuk Promosi Usaha

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Digital Marketing – Sebagai pemilik bisnis atau pemasar digital kamu pasti selalu mencari cara untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu miliki. Ada dua macam cara untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, bisa dengan memanfaatkan iklan gratis atau menggunakan iklan berbayar.

Jika kamu adalah pemula dan belum memiliki budget khusus untuk beriklan, kamu bisa memanfaatkan cara gratisan. Namun, seiring dengan perkembangan bisnismu, kamu bisa mulai menyisihkan budget khusus untuk iklan berbayar.

Yang terpenting teknik promosinya dilakukan dengan benar. Karenanya mari kita simak perbedaannya.

Iklan Gratis, Kelebihan dan Kekurangannya

Siapapun pasti senang dengan cara gratisan untuk membuat promosi bisnis. Teknik promosi gratis memang mudah dan pasti murah.

Dalam hal ini kamu bisa beriklan gratis di beberapa platform media sosial seperti Whatsapp, Instagram, dan Facebook. Dikatakan gratis karena yang harus dilakukan sangat mudah dengan membuat konten iklan gaya kamu sendiri.

Langkahnyapun organic sekali.

Setelah iklan selesai didesain, kamu tinggal menguploadnya di story Whatsapp atau di beranda Facebook, sama sekali tanpa membayar biaya iklan.

Ini sangat menguntungkan karena kamu nggak perlu mengeluarkan biaya iklan yang banyak.
Biaya yang diperlukan hanya untuk kuota internet, atau membayar desainer atau konten iklan.

Apalagi jika materi iklan dibuat oleh kamu sendiri maka biaya yang dikeluarkan adalah sebesar nol rupiah.

Sumber trafficnya terbatas kepada follower akun, nomor kontak di hp, atau teman-teman kamu sendiri.

Selain memanfaatkan sumber traffic di atas, kamu juga bisa memanfaatkan layanan iklan gratis lewat layanan media online atau portal berita yang memberikan kesempatan kepada pelaku usaha di daerah tertentu, untuk dapat mempromosikan usahanya melalui website dan seluruh jaringan media sosial yang mereka miliki seperti facebook, instagram, dan lain sebagainya secara gratis.

BACA JUGA  8 Cara Membuat Judul Artikel yang Powerful

Konten iklan yang dibuat bisa disesuaikan dengan audiens. Seiring perjalanan waktu, kamu akan mempunyai target market sendiri.

Contoh lainnya jika kamu yang ingin menjual, membeli, ataupun menyewakan properti seperti rumah, tanah, juga lahan komersial termasuk ruko, gudang, ruang kantor, toko retail, kontrakan atau kost, kamu juga bisa mengiklankan di situs portal jual beli yang khusus mengiklankan atau menyediakan informasi penjualan properti dan perumahan khusus daerahmu.

Ini bisa dimaksimalkan dengan sama sekali tanpa harus keluar biaya untuk beriklan.

Nah inilah kelebihan iklan gratis.

Iklan Berbayar, Kelebihan dan Kekurangannya

Bisnis semakin banyak pesaing, kompetisi semakin ekstrim.

Untuk mengatasi ketatnya persaingan, kamu bisa memilih iklan berbayar.

Untuk berpromosi dengan teknik berbayar, kamu bisa menggunakan fasilitas beriklan di banyak media internet seperti Facebook/Instagram ads dan Google Ads.

Lewat layanan berbayar iklan kamu pastinya akan bisa menjangkau banyak orang sesuai target yang tentu saja bisa kamu tentukan lokasinya, usianya, minatnya, jenis kelaminnya bahkan perangkat yang digunakan oleh calon pelanggan Anda.

Satu hal yang merupakan kekurangan dari teknik berbayar adalah kamu harus membayar biaya untuk beriklan.

Jika produk yang kamu pasarkan target marketnya tinggi, sudah pasti biaya iklan nya pun tidak sedikit.

Tentunya kamu juga harus menggunakan jasa digital marketing specialist yang memiliki cara sendiri untuk meminimalisir biaya iklan tetapi dengan jangkauan tinggi.

Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menggunakan Iklan Berbayar untuk Promosi Usaha

Kamu perlu berhati-hati menggunakan iklan berbayar untuk promosi usahamu. Jika Kamu baru pertama kali beriklan, jangan menggunakan budget iklan yang terlalu besar dahulu. Supaya kamu bisa sambil belajar membuat iklan yang benar-benar sesuai dan menghasilkan penjualan.

BACA JUGA  5 Alasan Mengapa Bisnis Kamu Memerlukan Portal Konten

Lebih bagus lagi, kamu menggunakan jasa iklan berbayar yang sudah terbukti bisa membuat iklan yang berhasil di media online atau portal jual beli yang menyajikan gabungan teknik organik dan berbayar secara bersamaan. Keuntungan lainnya adalah kamu tidak lagi dipusingkan dimana iklan kamu akan dipublish karena semuanya sudah include di dalam layanan yang ditawarkan.(*)

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Kamu. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.