Pentingnya Soft Skill dalam Dunia Coding: 10 Kemampuan yang Harus Dimiliki

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Programming – Pengembangan perangkat lunak tidak hanya melibatkan keterampilan teknis yang kuat, tetapi juga melibatkan serangkaian soft skills yang membantu membangun hubungan yang baik dengan tim, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh soft skills yang dianggap penting oleh seorang pengembang software, serta cara meningkatkannya.

1. Empati

Foto oleh Canva Studio: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-kantor-bekerja-laki-laki-3153201/

Empati adalah kemampuan untuk merasakan dan memahami perasaan orang lain. Dalam tim pengembangan perangkat lunak, memiliki kemampuan ini sangat penting. Dengan merangkul empati, Anda dapat lebih memahami masalah yang dihadapi oleh rekan tim Anda dan mencari solusi yang menguntungkan semua pihak.
Berani mengusulkan ide-ide baru menjadi lebih mudah ketika terdapat pemahaman di antara anggota tim bahwa tidak akan ada umpan balik negatif atau ejekan, tidak peduli bagaimana seseorang merasa tentang ide tersebut. Empati memungkinkan kita memprediksi bagaimana orang lain kemungkinan akan merespons apa yang kita katakan, sehingga kita dapat menyesuaikan cara berbicara kita dengan audiens tersebut.

2. Komunikasi

Foto oleh Mikhail Nilov: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-meja-tulis-laptop-kantor-7988745/

Komunikasi efektif menjadi kunci baik di tempat kerja maupun di rumah. Pengembang perangkat lunak perlu berperan aktif dalam pertemuan, baik dengan rekan tim maupun pelanggan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk berkomunikasi secara efektif meliputi berbicara dengan jelas dan percaya diri, mendengarkan dengan baik, dan tidak menginterupsi lawan bicara.

3. Kerja Tim

Ist

Tidak peduli dalam industri apa pun, kerja tim adalah suatu keharusan. Pengembang perangkat lunak perlu bekerja sama dengan baik dengan anggota tim mereka, termasuk pengembang, desainer, atau tim proyek. Kerja sama yang baik membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan dan membuat orang lebih bersedia membantu Anda di masa depan.

BACA JUGA  Apakah Peran Front End Developer Bisa Digantikan oleh UI/UX Designer?

4. Keterbukaan dan Kemurahan Hati

Ketika seseorang ingin bertanya atau meminta bantuan, menjadi dapat diakses adalah kunci. Jika orang merasa tidak dapat mendekati Anda, mereka mungkin enggan meminta bantuan, dan masalah kecil bisa berkembang menjadi masalah besar. Keterbukaan dan kemurahan hati juga membuat orang lain lebih bersedia membantu Anda ketika Anda membutuhkan bantuan.

5. Kesabaran

Ketika bekerja dengan orang-orang yang tidak memiliki latar belakang teknis, penting untuk menjelaskan keputusan Anda dengan cara yang non-teknis. Kesabaran diperlukan saat menjelaskan mengapa suatu hal tidak semudah yang orang lain kira. Kesabaran membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan kolaboratif.

6. Penerimaan Ide Baru

Mempertahankan pikiran yang terbuka membuat Anda lebih bersedia menerima ide baru, baik dari tim Anda maupun dari klien. Bahkan ide yang buruk sekalipun dapat menginspirasi solusi yang brilian jika Anda bersedia mempertimbangkannya sebelum menolaknya.

7. Pemecahan Masalah

Sebagai pengembang perangkat lunak, Anda pasti akan menghadapi masalah. Bagaimana Anda menanggapi masalah ini akan berdampak besar pada karier Anda. Memandang masalah secara obyektif, menemukan akar penyebabnya, dan bekerja sama dengan tim membantu mengatasi masalah dengan lebih cepat.

8. Akuntabilitas

Foto oleh Teona Swift: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-kopi-cangkir-laptop-6913726/

Kemampuan akuntabilitas bagi seorang software developer mencakup tanggung jawab mereka terhadap kode yang mereka tulis, keputusan desain, dan hasil akhir proyek. Kemampuan akuntabilitas bagi seorang software developer tidak hanya memengaruhi kualitas teknis produk, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan mendukung keberhasilan jangka panjang proyek perangkat lunak.

9. Kreativitas

Ide dan solusi terbaik sering muncul ketika kita memandang suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda. Kreativitas dapat diajarkan dan dikembangkan melalui berbagai kegiatan, termasuk membaca fiksi, menulis, seni, kerajinan, dan memasak. Semakin banyak cara untuk mengeksplorasi kreativitas, semakin mudah untuk menemukan cara yang berbeda untuk menangani masalah yang sama.

BACA JUGA  H-5 Pengumuman SBMPTN, Ini 10 PTN dengan Kuota Jalur Mandiri Terbanyak

10. Manajemen Waktu

Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/kaca-bening-dengan-grainer-pasir-merah-39396/

Manajemen waktu adalah keterampilan krusial ketika Anda memiliki banyak pekerjaan. Mengetahui cara mengelola waktu dengan efisien memungkinkan Anda fokus pada hal-hal yang paling penting dan menyelesaikan tugas dengan lebih efisien. Teknik-teknik seperti metode Pomodoro atau Kanban dapat membantu Anda membangun rutinitas atau belajar fokus jika Anda cenderung melakukan banyak hal sekaligus.

Dengan mengembangkan soft skills ini, pengembang perangkat lunak dapat membangun karier yang sukses dan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan kolaboratif.

Share.

About Author

I am a Full-Stack Designer who loves to translate designs files into Website and Application, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.