Masuk Nominasi Anugerah Kebudayaan PWI Bupati Dendi Pamerkan Keindahan Sulam Jelujur

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com Jakarta – Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona memaparkan “Sulam Jelujur” dihadapan Dewan Juri Anugerah Kebudayaan PWI 2023 di ruang rapat PWI Pusat.

Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung itu pun menjelaskan secara padat tentang proses adanya “Sulam Jelujur” di Kabupaten Pesawaran sampai pemanfaatannya sehingga berdampak positif kepada masyarakat Bumi Andan Jejama.

Dalam Anugerah Kebudayaan PWI yang diselenggarakan di Kantor PWI Pusat, Jakarta 4 Januari 2023 itu, Bupati Dendi yang masuk dalam nominasi dalam rangka Anugerah Kebudayaan (AK) PWI Pusat tahun 2023 itu, mengusung tema ” Sulam Jelujur : Dari Pesawaran untuk Mancanegara”.

Tema ini selaras dengan tujuan membudayakan dan memasarkan “Sulam Jelujur” kepada Dunia dan sebagai pintu masuk mengenalkan pariwisata Pesawaran kepada Mancanegara.

Selain itu, masing – masing Kepala daerah yang mendapatkan AK PWI 2023 secara bergantian memaparkan program kebudayaan di hadapan para juri. Ke-9 kepala daerah tersebut, masing-masing Bupati Sleman, DI Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mengangkat sub-tema: “Inovasi Batik Sinom Parijotho Salak Sleman Berbasis Kearifan Lokal”; Bupati Kuningan, Jawa Barat,   Acep Purnama : ” Ngarumat Budaya Kuningan, Ngariksa Alam, Mapag Swasembada Pangan”; Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Eri Cahyadi : “Dandan Omah, Ben Apik Rek”;  Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution : “Digitalisasi Produk Sandang”; Bupati Malang, Jawa Timur,  Muhammad Sanusi : “Inovasi Pangan Berbasis Kearifan Lokal”;  Bupati Indragiri Hilir  Muhammad Wardan : “Kepala Inhil yang Membudaya”; Bupati Agam, Sumatera Barat, Andri Warman : “Strategi Kebudayan dalam Menjaga Hutan sebagai Ketahanan Pangan”; Bupati Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Darma Wijaya :  “Gerakan Cetak Sawah Mandiri”; dan Bupati Halmahera Selatan, Maluku Utara, Usman Sidik : Inovasi Kopra Putih di Halmahera Selatan.”

BACA JUGA  Mundur Pencalonan Eriawan Ajak Seluruh Kader Menangkan M Nasir

Sedangkan Tim Juri Anugerah Kebudayaan PWI terdiri dari para wartawan senior, pelaku dan pengamat seni-budaya, dosen — Ninok Leksono, Nungki Kusumastuti, Agus Dermawan T, Atal S.Depari, dan Yusuf Susilo Hartono.

Sementara, Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari mengungkapkan dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Medan, Sumatera Utara, PWI ingin mengapresiasi sosok para Bupati/Walikota yang sukses menginovasi pangan, sandang dan papan berbasis kebudayaan (kearifan lokal).

“Sebagai bangsa yang besar kita ingin bangsa ini benar-benar berswasembada pangan sehingga tidak bergantung import. Sandangnya berkepribadian dan tidak sekedar menutupi aurat, dan papannya, tempat tinggalnya, langgam arsitekturnya laras dengan alam,” Kata Atal.

“Kepala Daerah merupakan aktor inovasi penting, dalam hal ini para Bupati dan Walikota yang mempunyai visi kebudayaan dan literasi informasi, perlu diberikan apresiasi,” Kata dia.

Disisi lain, Ketua Pelaksana AK-PWI 2023 Yusuf Susilo Hartono menyampaikan setidaknya ada 10 Bupati/Walikota yang maju pada babak presentasi di Jakarta yang akan dilakukan pada 3-4 Januari 2023.

“Pada AK-PWI tahun 2023 ini ada kurang lebih 20 Kabupaten/Kota yang mendaftarkan diri, tapi setelah diseleksi hanya 10 Bupati dan Walikota yang lolos dan akan presentasi atas inovasi kebudayaannya untuk memperebutkan penghargaan Trofi Abyakta serta akan diserahkan pada perayaan HPN tahun 2023 di Medan, yang selalu dihadiri oleh Presiden, Menteri, para duta besar dan tokoh pers,” Kata dia.

Turut mendampingi Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadi Kusumah, Ketua PWI Kabupaten Pesawaran Ismail, Kepala Dinas Kominfotiksan Pesawaran Jayadi Yasa, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Pesawaran M. Iqbal dan Plt Kepala Disperindag Pesawaran Fanny Setiawan.

BACA JUGA  TEC Online Sharing Session Studi dan Beasiswa ke Taiwan di IIB Darmajaya

Diketahui 10 Bupati dan Walikota yang akan presentasi untuk mendapatkan Trofi Abyakta pada Anugerah Kebudayaan (AK) PWI Pusat Tahun 2023.

1. Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona
2. Walikota Medan, Bobby Nasution
3. Bupati Malang, M. Sanusi
4. Bupati Indragiri Hilir, Muhammad Wardan
5. Walikota Surabaya, Eri Cahyadi
6. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo
7. Bupati Kuningan, Acep Purnama
8. Bupati Agam, Andri Warman
9. Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya
10. Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik. (**)

Foto Istimewa

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.