Latih Saksi PDIP Pesawaran Gelar Simulasi Pencoblosan Surat Suara

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran- Badan Saksi Pemilu Nasional PDI Perjuangan Kabupaten Pesawaran menggelar simulasi pencoblosan surat suara Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dalam pelatihan saksi yang diadakan di Desa Pejambon, Kecamatan Negerikaton.

Pelatih saksi nasional BSPN PDIP Kabupaten Pesawaran Andi Awaludin mengatakan, simulasi itu bertujuan agar para saksi lebih paham tentang kondisi sesungguhnya pada pemilu 14 Februari 2024.

“Selain wewenang dan kewajiban yang harus dimiliki saksi, di TPS nanti, para saksi yang ditugaskan harus berani mengkritisi bila ada kejanggalan di TPS.”

“Juga jangan takut akan intervensi dan intimidasi dari pihak lain,” Kata dia Selasa, 6 Februari 2024.

Menurut dia, saksi di setiap TPS diberikan 2 mandat yang berbeda, yang pertama mandat saksi Pilpres dan yang ke dua mandat saksi Pileg.

“Namun begitu, ke dua saksi memiliki tugas yang sama yakni menjadi saksi pemungutan dan penghitungan surat suara hingga selesai,” Kata dia.

Diketahui, pada Daerah pemilihan II Kecamatan Negerikaton terdapat 214 TPS untuk 21 desa yang ada di kecamatan setempat.

“Kami menempatkan 470 saksi terdiri dari 428 saksi TPS dan 42 saksi desa, dan kegiatan serupa kita laksanakan di 6 titik pada hari ini,” Kata dia. (**)

Bambang T

BACA JUGA  Terkait Putusan MK KPU Pesawaran Tunggu Juknis KPU RI
Share.

About Author

Comments are closed.