Kursi DPRD Berkurang Golkar Pesawaran Berpeluang Tambah Kursi Di 2024

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Partai Golkar Kabupaten Pesawaran telah mengambil ancang ancang guna menghadapi persaingan perebutan kursi DPRD kabupaten setempat.

Pasalnya, periode 2024 – 2029 mendatang, diperkirakan, jatah kursi anggota legislatif Kabupaten Pesawaran yang semula 45 kursi kemungkinan besar akan menurun menjadi 40 kursi.

Hal itu merupakan imbas dari berkurangnya jumlah penduduk Kabupaten Pesawaran yang semula sekitar 547 ribu jiwa lebih, saat ini berkurang menjadi sekitar 477 ribu.

“Kemungkinan Daerah pemilihan juga akan berubah, yang semula 5 dapil menjadi 4 dapil, kan saya pribadi merasa Partai Golkar sangat diuntungkan, dan kami semakin optimis menghadapinya (pileg),” Kata ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Pesawaran Yusak, Senin , 4 April 2022.

Dikatakan dia, saat ini partai Golkar di DPRD setempat hanya mendapat 4 kursi. Kemungkinan, dengan adanya perubahan dapil, besar kemungkinan partai berlogo beringin itu akan menambah perolehan kursi di masa mendatang.

“Kemarin (periode 2019 – 2024), perolehan suara kami kalah tipis di dapil 3, jika dapil 3 dan dapil 4 bergabung, maka, seandainya kami dapat mempertahankan perolehan suara kami lalu (atau bertambah), maka kami akan dapat dua kursi,” Kata dia.

Namun begitu, Yusak enggan berspekulasi lebih jauh, karena keputusan akhir akan ada di tangan KPU selaku penyelengggara, guna menentukan daerah pemilihan dan jumlah kursi di masing masing dapil.

“Kalo hitungan saya, Dapil 1 itu 8 kursi, Dapil 2 itu 11 Kursi, Dapil 3 itu 11 kursi dan dapil 4 itu 10 kursi, atau kira kira begitulah untuk 40 kursi yang tersedia, namun kita masih menunggu keputusan KPU,” Kata dia. (**)

Bambang T

BACA JUGA  Kader PDIP Pesawaran Jemput Rekom M Nasir Dengan Sajak
Share.

About Author

Comments are closed.