Kenapa WordPress Gratis Tapi Tetap Menguntungkan Bagi Pengembang?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Bisnis Digital – Siapa sih yang nggak kenal sama WordPress? Platform yang satu ini emang jadi andalan buat bikin website, dari yang simpel sampe yang super canggih sekalipun. Salah satu yang bikin WordPress jadi favorit adalah lisensi GPL (General Public License) yang dipake. Tapi, sebenernya gimana sih lisensi GPL ini bisa ngebantu pengembang WordPress dapet untung?

1. Punya Komunitas yang Luas dan Solid

Lisensi GPL memungkinkan siapa aja buat nge-customize WordPress sesuai kebutuhan. Akibatnya, WordPress punya komunitas pengembang yang besar dan solid. Mereka saling berbagi ide, pengetahuan, dan pengalaman. Dari komunitas ini, para pengembang bisa belajar banyak hal dan terus berkembang.

2. Peluang Bisnis dari Theme dan Plugin

Meskipun WordPress sendiri gratis, pengembang bisa dapet duit dari penjualan theme dan plugin. Theme premium atau plugin keren bisa jadi sumber pendapatan yang lumayan buat mereka. Semakin kreatif dan berkualitas produknya, semakin besar peluang untuk dapet untung.

3. Layanan Berbayar yang Banyak Diminati

Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/tampilan-jarak-dekat-dari-mengetik-di-laptop-261662/

Selain menjual tema dan plugin, pengembang juga dapat menawarkan layanan berbayar seperti konsultasi, dukungan, atau pemeliharaan situs WordPress. Karena banyak pengguna WordPress yang membutuhkan bantuan tambahan, ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Pengembang juga dapat menawarkan jasa pembuatan situs web menggunakan WordPress kepada individu atau perusahaan yang membutuhkan. Mereka juga dapat menjadi afiliasi untuk produk-produk terkait WordPress, seperti layanan hosting atau produk digital lainnya, dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan.

4. Membangun Brand dan Reputasi

Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-menggunakan-macbook-air-38547/

Dengan terlibat dalam pengembangan WordPress, pengembang bisa membangun brand dan reputasi yang kuat. Hal ini bisa membantu mereka dalam menjual produk dan layanan, serta membuka peluang kerjasama yang lebih baik di masa depan.

BACA JUGA  Tips Membuat Kopi Susu Kekinian di Rumah ala Café

5. Donasi dan Dukungan Komunitas

Beberapa pengembang WordPress mengandalkan donasi dari pengguna yang menghargai karya mereka. Selain itu, dukungan dari komunitas juga bisa membantu pengembang mendapatkan masukan dan saran yang berguna untuk pengembangan produk mereka.

6. Inovasi yang Berkelanjutan

Dengan banyaknya pengembang yang terlibat dalam proyek WordPress, inovasi terus-menerus terjadi. Pengembang bisa dengan cepat menanggapi perubahan tren dan kebutuhan pengguna, sehingga menjaga WordPress tetap relevan dan kompetitif di pasar yang terus berkembang.

Jadi, bisa dibilang, lisensi GPL WordPress ini bikin WordPress jadi platform yang nggak cuma populer tapi juga menguntungkan bagi pengembangnya. Dengan lisensi GPL, WordPress berhasil menciptakan ekosistem yang dinamis dan saling menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.

Share.

About Author

I am a Full-Stack Designer who loves to translate designs files into Website and Application, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.