Kakak Nanda Minta Anggota Pramuka Beradaptasi di Era Digital

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran – Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Bastian mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk menjadi lebih adaptif di era digital dengan terus berinovasi dan mengembangkan teknologi pendidikan modern tanpa melupakan nilai-nilai dasar kepramukaan.

Hal itu dikatakan Nanda Indira dalam peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-63 di Kecamatan Way Lima, Rabu, 4 September 2024.

“Di sinilah peranan gerakan Pramuka menjadi penting untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas manusia, memberikan nilai tambah bagi anggotanya, dan hal inilah yang perlu dikaji dan dikembangkan,” kata dia.

Sementara, Ketua majelis pembimbing ranting Way Lima Al Ihsan Iskafi mengatakan bahwa gerakan Pramuka saat ini sangatlah tepat untuk merealisasikan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik yang menjadi postur ideal seorang Pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, Kegiatan perkemahan ini menjadi wadah bagi para peserta untuk belajar hidup mandiri, meningkatkan kerjasama, serta mempererat rasa persaudaraan antaranggota Pramuka.

“Salah satu acara utama dalam perayaan ini adalah perkemahan satu malam yang dilaksanakan di lapangan terbuka,” kata dia.

Sedangkan, Ketua Kwartir Ranting Way Lima, Misdiana menyampaikan harapannya untuk kegiatan gerakan Pramuka di Kecamatan Way Lima dapat lebih baik lagi dan dapat membangun pribadi yang kuat serta mandiri untuk anggota Gerakan Pramuka.

“Dari kegiatan Pramuka ini diharapkan anak-anak memahami bahwa Pramuka bukan sekadar kegiatan biasa tetapi merupakan aktivitas yang bermanfaat dalam membentuk kepribadian yang baik. Melalui kegiatan Pramuka, anak-anak dapat belajar mandiri, berinteraksi dalam kehidupan bermasyarakat, serta lebih mengenal alam dan lingkungan sekitar mereka,” ujarnya.

BACA JUGA  Sukses, Puluhan Vendor Lampung Ikuti Emersia Wedding Expo 7

Diketahui kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu (3-4 September 2024), dihadiri oleh 30 sekolah dari berbagai tingkat, yaitu SD, SMP dan MTS di Kecamatan Way Lima.

Rangkaian acara Hari Ulang Tahun Pramuka ke-63 kali ini berlangsung meriah dengan diisi upacara peringatan, perkemahan, api unggun, berbagai perlombaan, serta penampilan tari kolosal dan pentas seni dari sekolah masing-masing. (Rilis)

Share.

About Author

Comments are closed.