Gandeng Swasta, Kontes Durian Pesawaran Diramaikan Ratusan Peserta

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Guna menjaring bibit unggul durian lokal di Pesawaran, Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran bekerja sama dengan PT. Great Giant Food menggelar kontes durian di Desa Sungai Langka Gedongtataan yang diikuti sekitar 100 an kontestan.

“Pelaksanaan kegiatan kontes Buah durian ini merupakan agenda tahunan Dinas pertanian kabupaten Pesawaran bekerja sama dengan PT. Great Giant Food Lampung dalam rangka menjaring bibit durian unggul lokal,” kata ketua panitia Dimyati saat sampaikan laporan kegiatan, Selasa 18 Februari 2020.

Dikatakan dia, tujuan kegiatan kontes durian adalah untuk mengajak semua elemen masyarakat, instansi pemerintah, swasta untuk bersama-sama melestarikan plasma nutfah tanaman durian yang menjadikan buah khas unggul yang potensial dan bernilai ekonomis tinggi.

“Serta mencari potensi durian terbaik untuk dijadikan sumber pohon induk yang diharapkan kedepannya akan menjadi buah unggul Propinsi Lampung,”ucapnya

Sasaran dari acara kontes buah durian ini lanjut Kepala Bidang Tanaman Hortikultura ini adalah mencari buah durian unggul khas lokal yang dimiliki oleh petani, kelompok tani masyarakat yang ada di Kabupaten Pesawaran. Dimana pencarian durian lokal Varietas terbaik dengan kriteria yakni rasa daging buah (manis, gurih dan pahit), ketebalan daging buah,warnadaging buah, tekstur, kadar air, ukuran biji, kesempurnaan juring buah, ketipisan kulit, warna kulit dan daya simpan.

Sementara pimpinan PT.GGF Lampung Pauzan menambahkan bahwa latar belakang utama pihaknya mengembangkan hortikuktura yakni potensi durian lokal tidak lebih jelek dari potensi yang sudah kesohor. Dan ternyata banyak durian lokal yang lebih enak dan potensial untuk menjadi komersial.

“Dan itu kewajiban kita semua untuk mengembangkannya,” kata dia.

Kemudian, melalui kontes durian diharapkan menghasilkan bibit unggul sehingga dapat dijadikan referensi masyarakat luar pesawaran dalam mencari bibit durian unggulan.

BACA JUGA  Pamerkan Hasil Pertanian KTNA Pesawaran Pun Siap Adopsi Peternakan dan Perikanan Milik Tetangga

“GGF akan bertekad mengembangkan bibit durian lokal. Harapanya durian lokal pesawaran dapar sejajar dengan durian dari mancanegara,” kata dia. (**)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.