Gelar Kontes, Dinas Pertanian Pesawaran Unggulkan Durian Lokal

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Pelaksanaan kontes durian se Kabupaten Pesawaran diharapkan akan memunculkan varietas unggulan lokal yang dapat diminati oleh pasar.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran Anca Martha Utama saat membuka kontes durian di Desa Sungai Langka, Gedongtataan, Selasa, 18 Februari 2020.

“Khususnya para pecinta durian, masyarakat nantinya tidak hanya mengenal Durian Monthong saja, tetapi akan muncul Durian Pesawaran,” kata dia melalui Sekretaris Dinas Petanian Budi Wirawan.

Dikatakan Budi, saat ini potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Pesawaran untuk pengembangan komoditas durian cukup besar. Selain faktor alam yang mendukung, produksi Durian di Kabupaten Pesawaran berjumlah 149 ton per musim dengan total tanaman durian sebanyak 494.537 pohon.

“Komoditas Durian merupakan salah satu komoditas buah unggulan di Kabupaten Pesawaran selain komoditas Pisang, Jeruk, Kelengkeng, dan Alpukat,” kata dia.

Menurut dia, Komoditas hortikutura memiliki prospek yang cukup menjanjikan baik dari segi permintaan dan harga pasar, selain itu masih tingginya angka impor produk hortikutura di Indonesia, menjadikan komoditas ini cukup potensial untuk dikembangkan.

Guna mengembangkan komoditas hortikultura khususnya buah, perlu dilakukan upaya-upaya yang mengarah kepada peningkatan produksi dan kualitas tanaman buah mengingat tanaman buah mempunyai nilai ekonomi tinggi yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan petani baik berskala kecil, menengah maupun besar. Karena, potensi tersebut memiliki keunggulan berupa nilai jual yang tinggi, keragaman jenis, ketersediaan sunberdaya lahan dan teknologi, serta potensi serapan pasar di dalam negeri dan internasional yang terus meningkat.

“Pada saat memasuki musim Durian, Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu kawasan destinasi bagi pencinta Durian.”

“Saya menyambut baik keterlibatan pihak swasta dalam kegiatan ini dalam hal ini PT. GGF yang memang berkecimpung dalam peningkatan kualitas tanaman buah, khususnya buah lokal,” kata dia.

BACA JUGA  Terkait Prank KIS Bupati Dendi Minta BPJS Beri Kompensasi

Dikatakan dia, dengan adanya kontes ke dua kalinya ini, pencarian bibit lokal unggulan itu akan dihasilkan kualitas buah durian khas Kabupaten Pesawaran yang dapat diterima oleh pasar dan menjadi produk unggulan lokal melalui eksplorasi varietas lokal.

“Karena, kontes Buah Durian yang diadakan saat ini merupakan salah satu upaya untuk menjaring bibit durian lokal terbaik, yang nantinya akan diperbanyak melalui perbaikan teknik budidaya dan teknologi,” kata dia. (**)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.