Gandeng Pemkab Pesawaran Mitra Bentala Diskusikan Dampak Perubahan Iklim

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran- Dampak perubahan iklim tampaknya sangat dirasakan oleh semua pihak, sebagai contoh nelayan yang kesehariannya menangkap ikan, adanya gelombang tinggi tentunya membuat hasil tangkapanya menurun, karena banyak nelayan yang tidak berani melaut.

Hal itu dikatakan Direktur Mitra Bentala Ahmad Rizani dalam Serial Diskusi Publik yang bertemakan dukungan multistakeholder untuk kebijakan pembangunan berketahanan iklim di Kabupaten Pesawaran di aula pemda setempat, Kamis, 23 November 2023.

“Namun begitu Pemkab Pesawaran telah bentuk kelompok kerja yang hampir setiap minggu selalu berdiskusi, dan ini tidak lepas dari dukungan pemerintah yang juga sejalan dengan kami,” Kata dia.

Sementara Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan Kabupaten Pesawaran pasti terdampak dengan kondisi perubahan iklim itu.

“Namun begitu ada inovasi lain  dari petani kita, dengan menanam tanaman lain dengan menanam cabe.”

“Dan hal seperti itu yang harus kita dampingi, karenanya kita adakan diskusi, agar kita dapat pemahaman bersama stek holder lainya, tentang bagaimana kita mendapatkann inovasi inovasi baru untuk kita terapkan di masyarakat,” Kata dia.

Menurut Dendi, bukan hanya menjaga ketahanan Kabupaten Pesawaran, tetapi kelestarian lingkungan. Karena musim kemarau sangat berdampak terhadap produksi padi.

“Nah diskusi ini sangat bermanfaat untuk sharing program, saling berdampingan dengan seluruh pihak,” Kata dia.

Dikatakan dia, Kabupaten Pesawaran sudah membentuk pokja pembangunan rendah karbon dan berketahanan iklim.

“Pesawaran sebagai kabupaten penyangga harus siap dan sigap mengatasi hal ini, tentunya harus dibantu oleh semua pihak,” Kata dia.

Di sisi lain, Anggota DPD RI Bustami Zainudin mengatakan Kabupaten Pesawaran tidak terlalu jauh beda dengan Bogor, yakni sebagai kota penyangga.

*Kalau Pesawaran tidak terjaga, kota Bandar Lampung bisa tenggelam. Dataran tinggi sebagai reservoir terutama di Kabupaten Pesawaran ini karena Dunia tengah hadapi krisisi FEW pertama soal food (pangan) (Energy) energi dan water (air).

BACA JUGA  Tak Jamin Dapat Rekom Partai, Yusak Tetap Daftar Bupati Pesawaran

“Pertama soal Krisis pangan, saat ini anomali yang tidak bisa diprediksi lagi. Karena krisis pangan, energi dan air ada kaitanya dengan kita menjaga lingkungan,” Kata dia.

Menurut Bustami, persoalan iklim bukan persoalan yang biasa biasa aja, bukan hanya tugas pemerintah saja untuk menjaga kelestarian lingkungan, tetapi semua pihak bertanggung jawab dan penyelamantan lingkungan harus dilaksanakan secara bersama sama.

“Pihak swasta jangan pasif dalam melakukan penyelamatan lingkungan. Dalam UU PT berkaitan dengan menjaga lingkungan sudah diatur di dalamnya,” Kata dia.

Diketahui dalam diskusi yang dinarasumberi akademisi Unila tersebut hadir juga kelompok tani, Karang Taruna, Mahasiswa Unila dan juga organisasi perangkat daerah terkait. (**)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.