Dugan Bakar Khas Lampung Timur, Hangatnya Bikin Seger!

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Lampung Timur – Dugan identik dengan minuman olahan dingin yang menyegarkan, tapi bagaimana jika dugan disajikan panas layaknya wedang jahe ?

Jika anda berkunjung ke Lampung Timur sudah seharusnya anda mencicipi minuman unik yakni Dugan Bakar. Seperti namanya, proses pengolahan dugan ini dibakar dengan waktu kurang lebih 30 menit.

“Memang agak lama dibakarnya, karena kalo kurang dari 30 menit gak jadi dugan bakarnya. Jadi harus sabar nunggunya,” ungkap Lala yang merupakan penjual Dugan Bakar kepada dKonten.com.

Berbeda dengan dugan pada umumnya, sebelum dugan dibakar, sebelumnya dimasukan terlebih dahulu air gula aren dan juga jahe kedalam dugan. “Gulanya harus gula aren, dan ini jahenya ditumbuk biar larut ke air dugannya,” jelasnya.

Jika mencicipi dugan bakar yang berlokasi di Jalan Ir. Sutami ini rasa yang dihasilkan mengingatkan kita saat meminum wedang jahe namun tetap didominasi rasa air dugan yang segar. Beberapa pengunjung yang datang mengaku dugan bakar baik untuk pengobatan.

“Rasanya ya segar dan hangat di tubuh, biasanya ini buat mengobati penyakit ginjal,” ungkap Romi pengunjung Dugan Bakar.

Harga dari menu Dugan Bakar ini cukup terjangkau, dengan membayar Rp 15ribu anda sudah dapat menikmati dugan yang hangat dan menyegarkan. Untuk informasi, kedai dugan bakar ini tepat berada di pinggir Jalan Ir. Sutami, Kec. Sekampung Udik, Lampung Timur lokasinya tidak jauh dari Taman Purbakala Pugung Raharjo.(*/AK)

Penulis : Aden Kuswira Wicaksana

BACA JUGA  10 Ide Bisnis Kuliner Kekinian yang Bisa Anda Coba
Share.

About Author

Penggiat kegiatan alam bebas dan olahraga

Comments are closed.