Dampingi Wagub Nunik Bupati Dendi Hadir di Gathering Nusantara Relawan Rescue di Tahura Wan Abdurrahman

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran – Bupati Pesawaran, H.Dendi Ramadhona menghadiri acara Gathering Nusantara Relawan Rescue di Taman Hutan Rakyat Wan Abdurrahman Desa Hurun Kecamatan Teluk Pandan, yang dilaksanakan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Lampung bersama Lembaga dan Organisasi Potensi SAR Lampung.

Dalam Kegiatan ini diikuti lebih dari 500 relawan dari berbagai provinsi yang dilaksanakan selama 3 hari (3-5 Maret 2023) dan dibuka oleh Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim Bupati Dendi menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh kelompok relawan yang selama ini telah bekerja keras demi kemanusiaan.

“Tentunya semakin banyak relawan yang memiliki visi misi yang sama yang tersebar di Seluruh Provinsi Se – Indonesia maka semakin cepat langkah yang dihasilkan untuk meringankan beban sesama,” Kata dia, Sabtu, 4 Maret 2023.

Sementara, Wagub Chusnunia menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta Gahtering Nusantara di Provinsi Lampung.

“Orang-orang yang mengikuti kegiatan ini merupakan panggilan hati, dan panggilan jiwa serta kemanusiaan,” Kata dia.

Wagub Nunik menambahkan kejadian bencana dan fenomena iklim ekstrim terasa meningkat frekuensi dan intensitasnya saat ini. Salah satu yang menjadi perhatian khusus adalah bencana hidrometeorologi dalam bentuk banjir, cuaca ekstrim, dan tanah longsor. Semua itu menjadi ancaman terbesar dalam kejadian bencana.

“Berbagai potensi bencana yang ada hendaknya harus disikapi dan dihadapi melalui pengelolaan penanganan bencana secara lebih baik,  antara lain memiliki pemahaman soal ancaman, kekuatan/kapasitas, kemampuan untuk memahami resiko dan mampu menetapkan prioritas penangananan untuk mengurangi resiko,” Kata dia.

Nunik juga mendukung dan menyambut baik dilaksanakannya Gathering Nusantara Relawan Rescue, yang merupakan media silaturahmi antar sesama relawan dari berbagai daerah dan menjalin kerjasama dalam upaya pengurangan resiko bencana.

BACA JUGA  Kemendagri: Keppres Pemberhentian Zumi Zola Terbit

“Hal ini mengingat begitu penting dan strategisnya keberadaan relawan ini, saya harapkan dalam kerelawanan dapat diteruskan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat,” katanya. (**)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.