Cegah Rabies Pemkab Pesawaran Vaksinasi Hewan Peliharaan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Sekitar seribu dosis vaksin rabies telah diberikan Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran kepada hewan peliharaan masyarakat kabupaten setempat.

Hal itu dikatakan kepala dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran Fisky Virdous dalam sambutannya saat memperingati hari rabies sedunia, Selasa, 28 September 2021.

“Sekitar seribu dosis vaksin telah kita berikan kepada masyarakat dari bulan Juni lalu,” kata dia.

Menurut mantan kepala Bappeda Kabupaten Pesawaran itu, penyakit rabies merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang ditularkan melalui hewan peliharaan.

“Karena setiap tahunnya Pemerintah daerah akan memberi vitamin dan vaksin hewan kesayangan kita,” kata dia.

Dikatakan Fisky seluruh kecamatan sudah diberikan vaksin oleh tenaga kesehatan hewan yakni, 250 dosis vaksin pada bulan ini di tiga kecamatan dan 250 dosis vaksin pada acara yang dilaksanakan di kantor Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran hari ini.

“Kita sudah mulai dari bulan Juni lalu dan sudah 500 dosis vaksin kita berikan, jadi total ada seribu vaksin,” kata dia.

Sementara, kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan Dedy Noviansyah mengatakan, hewan peliharaan berupa anjing, kucing juga monyet merupakan prioritas karena hewan tersebut banyak dipelihara masyarakat.

“Kita punya 3 puskeswan, di Negerikaton Tegineneng dan Wayratai dan kita pun bekerjasama dengan paramedik, insiminator serra dokter hewan untuk mendata hewan hewan yang terjangkit rabies, walaupun selama ini tidak ada laporan terkait rabies,” kata dia.

Untuk vaksinasi, kata Dedi, pihaknya memberdayakan sebanyak 5 dokter hewan, 3 petugas paramedik dan 16 insiminator.

“Kita jemput bola ke desa desa dari bulan Juni, Juli, Agustus dan puncaknya September ini,” kata dia. (**)

Bambang T

BACA JUGA  Sembari Kuliah, Milenial Ini Hafal Alquran 30 Juz
Share.

About Author

Comments are closed.