Cegah Rabies Pemkab Pesawaran Berikan Suntik Gratis Ke Hewan Peliharaan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

  

dKonten.com, Pesawaran– Pemerintah Pesawaran melalui Dinas Pertanian dan Peternakan menargetkan 500 aseptor diberikan suntik rabies guna mencegah hewan peliharaan seperti kucing, kera dan anjing terserang rabies.

Hal itu dikatakan kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama Selasa, 25 Agustus 2020.

“Saat ini masih jalan pelaksanaan pemberian vaksin rabies bagi hewan seperti kucing, anjing maupun kera di 11 kecamatan,” kata dia melalui Kepala Bidang Peternakan dan Keswan, Dedy Noviansyah.

Menurut dia, pihaknya melibatkan KUPT dan Puskeswan serta berkoordinasi dengan kepala desa. Di mana, tenaga medis di Puskeswan yang menyisir di wilayah pesawaran untuk pelaksanaan suntik rabies tersebut.

“Kita juga berikan pelayanan suntik rabies pada acara pembinaan kampung KB,” kata dia.

Dikatakan Dedy, hewan peliharaan idealnya satu tahun sekali diberikan suntik rabies. Dan diakui, untuk 500 aseptor tersebut merupakan hewan peliharaan. Sementara, hewan liar susah untuk diberikan suntik rabies secara gratis.

“Untuk kera liar di pesisir, kita masih kurang peralatan termasuk tenaga medis harus di vaksin, menggunakan alat pelindung diri dan kelengkapan lainnya,” kata dia.

Pihak Dinas pun menghimbau agar terhindar dari rabies hendaknya hewan peliharaan masyarakat agar dapat diberikan suntik rabies.

“Silahkan datangi puskeswan setempat, agar hewan sehat dan terhindar dari rabies,” kata dia. (**)

Bambang T

BACA JUGA  Pemkab Pesawaran Ajukan KUA PPAS APBDP 2024
Share.

About Author

Comments are closed.