Bersanding Dengan Ratusan UMKM Kerajian Asli Pesawaran Tampil Di Pameran Kriya Nusa

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menggelar pameran terbesar di Indonesia yakni Kriya Nusa, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk seni yang telah menjadi ikon pameran kerajinan.

Pada pameran Kriya Nusa yang digelar 28 Agustus hingga 1 September 2024 di Jakarta Convention Center, Dekranasda Kabupaten Pesawaran turut serta dalam kegiatan tersebut, dengan menampilkan produk-produk kerajinan unggulan khas Pesawaran.

Selain menampilkan produk, Dekranasda juga menampilkan penyulam di stand pameran, hal tersebut bertujuan untuk menambah kepercayaan dan minat pengunjung akan otentik serta orisinilitas produk kerajinan khas Pesawaran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangan Pesawaran Razak mengungkapkan, pada pameran Kriya Nusa, Dekranasda menampilkan kerajinan unggulan yakni sulam jelujur, tenun talam dan tapis Lampung.

“Alhamdulillah kerajinan tenun talam Pesawaran mendapatkan penghargaan UMKM Kerajinan terinovatif pada kegiatan pameran karya kreatif Indonesia yang diikuti oleh 330 UMKM Kerajinan dari seluruh Indonesia,” kata dia.

Menurutnya, dengan mengikuti berbagai event tingkat nasional hingga internasional tentu akan membawa dampak yang positif bagi pelaku UMKM, seperti peningkatan penjualan yang melonjak dan otomatis pendapatan para pengrajin juga meningkat.

“Ikut berbagai event tentu membawa banyak dampak positif bagi para pelaku UMKM, seperti pesanan melonjak sehingga bisa meningkatkan pendapatan para pengrajin,” kata dia.

Ke dapan, untuk memudahkan para customer dan mempromosikan produk khas Pesawaran, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak perhotelan.

“Kita sedang merancang untuk menjalin kerjasama dengan pihak hotel meminta space stand untuk menampilkan produk-produk unggulan yang akan kita promosikan, sehingga para pembeli lebih mudah menjangkaunya,” kata dia.

Salah satu upaya mengantisipasi kerajinan UMKM Pesawaran tidak diklaim oleh daerah lain, Razak menjelaskan bahwa sejumlah produk unggulan sudah didaftarkan hak patennya ke HAKI.

BACA JUGA  Puspresnas - IIB Darmajaya Gelar Sosialisasi FFMI 2020 Berjalan Sukses

“Sejumlah produk unggulan sudah kita daftarkan ke HAKI dan sudah selesai, bahkan kedepan akan ada sponsor yang akan masuk untuk membantu peningkatan produk UMKM Pesawaran,” kata dia. (**)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.