6 Tips Sukses Memulai Bisnis Freelance Jasa Pembuatan Website

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Freelancer – Internet adalah sebuah lahan subur yang menjanjikan sejuta peluang bagi mereka yang kreatif.

Hal tersebut kian dipermudah dengan makin murahnya akses internet, bahkan hampir di setiap sudut kita temukan mereka yang sekedar browsing mencari informasi, bersosial media, ber-chatting ria, hingga mereka yang mengelola bisnis lewat jalur maya.

Salah satu layanan yang saat ini banyak dicari di internet adalah jasa pembuatan website, khususnya bagi para pebisnis yang hendak membuat website sebagai media pemasaran produknya.

Semakin hari permintaan akan pembuatan website semakin banyak. Hal ini tentu membuat bisnis penyediaan jasa pembuatan website masuk dalam kategori bisnis yang diperhitungkan.

Anda bisa menangkap peluang ini dengan mendirikan sebuah perusahaan digital agency atau memilih jalur lain dengan menjadi freelancer.

Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas berarti Anda memulai sebuah usaha tanpa terikat dengan perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus memulai dan membangun semuanya dari awal. Tidak serta merta Anda langsung bisa menerima pesanan setelah anda memberitahu orang lain bahwa anda seorang freelancer.

Bagi Anda yang masih bingung untuk memulai bisnis freelance jasa pembuatan website dan tidak tahu harus memulai dari mana, tips berikut ini sangat tepat bagi Anda.

1. Menetapkan Diferensiasi

Ilustrasi via Freepik

Diferensiasi ini penting sehingga Anda dapat tetap bersaing dan membesarkan usaha jasa website Anda. Oleh karenanya, sadari dengan betul apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda.

Jangan sekali-kali mengambil project yang tidak dapat Anda selesaikan, karena hal itu akan membuat nama Anda buruk di mata klien.

Ambil project yang memang dapat Anda selesaikan, tolak dengan sopan dan jujur project yang tidak dapat Anda handle. Tidak perlu merasa gengsi, jadikan sebagai goal pembelajaran yang dapat Anda kembangkan ke depannya.

BACA JUGA  Cara Kerja dan Manfaat Menggunakan Landing Page Bagi Bisnismu

Anda harus bisa memposisikan diri Anda sebagai seorang konsultan, sehingga Anda selalu berupaya untuk memberikan solusi terbaik untuk klien.

2. Pilih layanan hosting disesuaikan dengan jasa Anda

Ilustrasi

Hosting adalah salah satu faktor penting keberhasilan bisnis layanan jasa pembuatan website, dimana hosting yang tangguh tentu akan membuat lalu lintas web bisnis berjalan lancar. Jangan berlama-lama berada di hosting yang sering down, atau bermasalah. Segera cari penggantinya yang lebih baik. Jangan lupa juga untuk memilih hosting yang bisa memberikan layanan Customer Support 24 Jam dan Berkualitas.

Dalam memberikan jasa layanan pembuatan website, biasanya Anda akan dihadapkan pada klien yang berbeda. Ada klien yang ingin Anda melakukan pengembangan CMS dari awal atau lebih dikenal dengan jasa kustom website.

Atau ada juga tipe klien yang ingin menggunakan CMS WordPress dalam memasarkan produknya sehingga sangat disarankan Anda menggunakan layanan hosting wordpress terpercaya.

3. Membuat laman website untuk promosi jasa website

Ilustrasi

Karena sudah cukup ahli dalam bidang pembuatan website dan media online lainnya, tentu saja penawaran bisnis jasa website juga harus dilakukan dengan website pula.

Website bisnis jasa akan mempermudah para pelanggan untuk mengetahui daftar pelayanan yang diberikan.

Sama halnya dengan website penjualan online, buatlah desain menarik dan sampaikan penawaran dengan Bahasa yang jelas dan tidak berbelit. Dengan demikian, akan semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa website Anda.

4. Mengumpulkan Portfolio

Ilustrasi via Freepik

Sambil terus mengasah kemampuan men-desain website, langkah selanjutnya adalah menambah data portfolio agar dapat dijadikan referensi oleh calon klien.

Makin banyak karya yang Anda hasilkan, maka kemampuan Anda akan lebih diperhitungkan oleh perusahaan yang menggunakan jasa Anda.

BACA JUGA  Dengerin Musik Bikin Mood Jadi Asik #KenapaNggak

Sabar, ulet dan tekun adalah kunci sukses yang didengung-dengungkan oleh mereka yang sudah mencapai kesuksesan. Tidak ada salahnya Anda terapkan di dalam bisnis dan keseharian Anda. Siapa tau Kita pun ikut ketularan menjadi sukses. Bukankah itu harapan Kita semua.

5. Melakukan langkah promosi yang tepat di sosial media

Ilustrasi

Beberapa media yang sangat efektif untuk digunakan promosi adalah media sosial seperti facebook, twitter, youtube dan masih banyak lagi. Kumpulkan pula testimoni untuk semakin menarik pelanggan.

6. Memanfaatkan blog untuk mengedukasi pembaca

Ilustrasi via Freepik

Untuk menunjang promosi jasa pembuatan website Anda, update konten blog Anda seputar tips web design atau materi seputar bisnis online.

Jika Anda ingin terlihat sebagai orang yang profesional di bidang Anda, maka Anda perlu membiarkan orang lain untuk tahu. Ini berarti Anda harus menampilkan keterampilan Anda dan menulis artikel atau posting tentang desain web.

Edukasi pembaca Anda melalui konten-konten yang bermanfaat. Jadikan bahwa Anda adalah freelancer yang tepat yang akan menjadi solusi bisnis mereka di kemudian hari. Lakukan update secara konsisten dan baik.

Apakah Anda sudah menjadi seorang freelance web developer? Ataukah saat ini masih dalam proses untuk menjadi salah satunya? Mulai dengan hal yang kecil maka sesuatu yang besar akan mengikuti Anda.

Semakin cepat Anda memulai bisnis Anda maka semakin besar terbukanya peluang bisnis Anda dan selangkah di depan kompetitor freelance web developer yang lain.

Dengan menjalankan enam langkah atau cara bisnis freelance penyediaan jasa pembuatan website terbaik di atas, maka bisnis pun akan dapat berjalan dengan optimal.

Penulis : Galih

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.