5 Aplikasi Ini Memanfaatkan Teknologi Artificial Intelligence Canggih!

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com – Kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) sedang menjadi pusat perhatian dunia. Kehadiran teknologi AI mampu merevolusi seluruh aspek kehidupan kita. Terdengar sangat mengesankankan bukan? Namun apa sebenarnya teknologi AI tersebut?

Apa Itu Teknologi AI?

Menurut John McCarthy, kecerdasan buatan adalah usaha memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin itu agar dapat menirukan perilaku manusia. Dilansir dari Techopedia, AI adalah area pengetahuan komputer yang menekankan pada pembuatan “mesin pintar” yang mampu bekerja dan bereaksi seperti manusia. “mesin“ tersebut bisa memahami bahasa manusia secara natural, mengenali wajah, dan lain sebagainya.

Tahu nggak sih!? AI pernah menjadi bahan guyonan karena dianggap sebagai ide yang mustahil untuk terwujud. Akan tetapi, jaman ini menjawabnya menjadi kenyataan, bahkan teknologi AI berkembang dengan pesat dan meluas.

Teknologi ini sudah digunakan pada aplikasi mobile, game, dan desktop. Sistem operasi, seperti Windows, iOs, dan Android. Di masa mendatang, teknologi AI diharapkan sama pentingnya dengan internet dan listrik.

Contoh Penerapan Artificial Intelligence

Google Maps

Berbekal bantuan Machine Learning, Google Maps mempelajari perjalananmu setiap hari. Aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai lalu lintas, kondisi cuaca, hingga identifikasi penundaan sistem transportasi mulai dari kereta api, penerbangan, dan lain sebagainya.

Gojek

Sering pakai Gojek? Gojek adalah salah satu app yang menerapkan AI. Mulai dari rekomendasi GoFood, memilih driver Gojek untuk menyelesaikan order konsumen, menentukan titik jemput, menentukan lonjakan harga dalam memenuhi kriteria demand-supply, dan lain sebagainya menerapkan teknologi mutakhir AI.

Gmail

Penyedia email, seperti Google telah memperkenalkan fitur AI secara bertahap. Mulai dari balas pesan cepat, mengkategorikan email cerdas, penghapusan spam, hingga menghilangkan kerumitan tugas tidak produktif.

BACA JUGA  Upgrade Skill Frontend Developer: Dari Slicing HTML dan CSS ke Level Selanjutnya

Face Unlock

Teknologi Face Unlock adalah fitur yang dapat digunakan pengguna untuk membuka smartphone. Keberhasilan tersebut mendorong Microsoft Windows mengikuti tren ini dengan memperkenalkan Windows Hello untuk membuka kunci komputer mereka.

Hiburan dan Sosial

Aplikasi hiburan maupun media sosial seperti Netflix, Twitter, Instagram, dan Facebook telah menambahkan fitur baru ke dalam platform untuk memberikan pengalaman lebih baik dan pintar.

Share.

About Author

I am a Full-Stack Designer who loves to translate designs files into Website and Application, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.