12 Contoh Aplikasi yang Dibuat dengan Python dari Perusahaan Terkemuka

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Programming – Google, Amazon, Facebook, Uber dan banyak lagi perusahaan teknologi global yang menggunakan Python pada kumpulan teknologi yang mereka gunakan.

Bahkan jika kamu bukan seorang programmer, kamu mungkin pernah mendengar tentang bahasa Python ini. Dibuat pada tahun 1991, dan telah berkembang cukup pesat, memiliki banyak penggemar yang menyukainya karena kesederhanaan dan keindahannya.

Bahasa pemrograman Python juga serbaguna, sebagai bahasa multi-paradigma, Python memungkinkan developer untuk membangun aplikasi mereka menggunakan beberapa pendekatan, termasuk OOP dan functional programming.

Berikut adalah Contoh Aplikasi yang Dibuat dengan Python dari Perusahaan Terkemuka

1. Dropbox dan Python

Siapa yang tidak tau Dropbix? Perusahaan berhasil membuat inovasi sederhana (menyimpan file secara online), dan menskalakannya ke tingkat yang luar biasa, menciptakan produk yang hebat untuk digunakan, dan menghasilkan banyak uang dalam prosesnya.

Dropbox, yang saat ini bernilai sekitar $8 miliar, menggunakan Python untuk banyak hal, termasuk untuk melayani klien desktop mereka yang dipoles dengan ramah.

2. Instagram dan Python

Meskipun kumpulan teknologi Instagram telah berkembang cukup banyak sejak awal yang sederhana, tidak akan ada Instagram hari ini tanpa Python.

Sebelum perusahaan berbagi gambar tersebut diakuisisi dengan uang tunai dalam jumlah besar oleh Facebook, itu hanyalah situs web yang cukup sederhana yang dibangun di atas Django.

Untuk yang belum tahu, Django adalah kerangka kerja web Python tingkat tinggi. Penciptanya membanggakan bahwa itu “sangat cepat, sangat aman dan sangat terukur”, dan pasti ada sesuatu untuk itu. Faktanya, Instagram masih menggunakan Django sampai sekarang.

3. Amazon dan Python

Raksasa e-commerce, cloud computing, dan hiburan juga mendapat manfaat dari penggunaan Python. Bahasa pemrograman digunakan untuk membangun mesin rekomendasi. Sistem pembelajaran yang ditulis dengan Python bekerja pada database Hadoop. Python terbukti menjadi teknologi terbaik untuk menyediakan analisis data besar, karena skalanya sangat baik.

4. Pinterest dan Python

Pengembang Pinterest membangun platform media sosial mereka untuk mengumpulkan dan berbagi konten visual dengan Python pada 2009-2010, karena, seperti yang mereka katakan, itu adalah teknologi yang mereka ketahui.

BACA JUGA  Ketidakadilan Terhadap Programmer: Mengapa Mereka Sering Dianggap Penyebab Utama Kesalahan dalam Pengembangan Perangkat Lunak?

Sebagian besar source code platform pinterest ditulis dengan Python, tetapi perusahaan juga suka bereksperimen dengan teknologi lain.

Fleksibilitas Python membuat sikap seperti itu sangat mudah diambil. “Kami mengambil pendekatan yang cukup praktis untuk pemilihan bahasa di Pinterest. Kami biasanya hanya mencari alat terbaik untuk pekerjaan itu, sambil menyeimbangkan kompleksitas tumpukan. Jadi, misalnya, kami mengambil keuntungan penuh dari Wayang berbasis Ruby untuk penyebaran dan Lucene berbasis Java ketika itu paling masuk akal, ” tulis salah satu pendiri Pinterest Paul Sciarra di Quora .

5. Quora dan Python

Quora adalah salah satu situs web tanya jawab terbesar yang digunakan sebagian besar oleh para profesional.

Seperti yang dijelaskan oleh salah satu pendiri dan CEO Quora Adam D’Angelo, pada akhir 2000-an tim tidak ingin menggunakan PHP. Mereka melihat apa yang terjadi dengan Facebook, yang perlu menginvestasikan banyak uang dan sumber daya untuk menyingkirkan perangkat lunak lama ini.

Sekali lagi, para pendiri Quora tidak terlalu memikirkannya. Mereka baru tahu Python. Mereka mempertimbangkan Java, C#, dan Scala untuk sementara waktu, tetapi memilih Python karena kecepatan pengembangannya. Mereka hanya ingin meluncurkan MVP mereka secepat mungkin, dan Python masih yang terbaik dalam melakukannya. Apa itu bekerja?

“Sejauh ini, kami cukup senang dengan pilihan itu. Ada sedikit bias pemilihan, tetapi semua karyawan awal yang pernah bekerja dengan bahasa lain di masa lalu dengan senang hati beralih ke Python, terutama yang berasal dari PHP,” tulis D’Angelo di Quora .

6. Uber dan Python

Pendiri perusahaan berbagi perjalanan peer-to-peer harus memilih antara Ruby atau Python. Mereka memilih yang terakhir karena platform Uber perlu melakukan banyak perhitungan.

Aplikasi Backend memprediksi permintaan dan penawaran, lalu lintas dan waktu kedatangan, dan Python adalah solusi yang lebih baik untuk perhitungan matematis.
Python juga lebih mudah dipelajari oleh para pengembang daripada Ruby, yang memecahkan masalah besar bagi perusahaan Silicon Valley, di mana sangat sulit untuk merekrut insinyur perangkat lunak.

BACA JUGA  Memanfaatkan Kekuatan Python dalam Strategi SEO Anda

Uber sangat serius dengan tumpukan teknologinya, dan perusahaan suka berbagi pemikiran mereka . Mereka menggunakan kerangka kerja web Tornado Python untuk pemrograman asinkron. Uber juga mengembangkan kerangka kerja visualisasi mereka sendiri yang dapat diakses oleh Python untuk membuat visualisasi kepadatan data tinggi, yang dapat dirender di browser.

7. IBM dan Python

Dari mainframe lama, hingga model M keyboard dan ThinkPad yang masih dicintai, hingga Watson saat ini, perusahaan telah berkontribusi pada lanskap teknologi selama beberapa dekade. Apa hubungan mereka dengan Python? Nah, Anda dapat menggunakan server web Python di IBM Bluemix ; ada SDK Python untuk Watson (data besar IBM dan penawaran AI); IBM bahkan menerbitkan tutorial Python gratis untuk otodidak.

Jika bahkan IBM, dinosaurus teknologi tertinggi, menggunakan Python, maka pasti ada sesuatu untuk itu.

8. Netflix dan Python

Apa yang Spotify lakukan untuk musik, Netflix lakukan untuk video. Dimulai sebagai layanan DVD-by-mail, mereka sekarang menjadi pemimpin teknologi tinggi, menyediakan konten video streaming ke ratusan juta pelanggan.

Salah satu kekuatan Netflix adalah mesin rekomendasi dan analitiknya yang kuat, memungkinkan perusahaan tidak hanya memberi Anda saran, tetapi juga memprediksi jenis konten asli yang harus mereka pesan. Mesinnya berbasis apa? Anda menebak dengan benar. Itu Python .

9. Spotify dan Python

Spotify, platform streaming musik, adalah andalan modern. Berkat Spotify, sudah lama berlalu untuk mengejar mp3 di Limewire atau Soulseek, mencari torrent di situs web khusus undangan yang tidak jelas, atau mendengarkan rip berkualitas rendah di YouTube. Dan, coba tebak? Spotify menyukai Python . Mereka menggunakannya untuk backend, analitik, dan banyak lagi – dan, jika Anda pernah menggunakan Spotify, Anda tahu bahwa hasilnya luar biasa.

BACA JUGA  Mengenal Perbedaan Tugas dan Fungsi UI Designer, Frontend Developer, dan Backend Developer dalam Pengembangan Produk Digital

10. Reddit dan Python

“Halaman depan internet” yang ditunjuk sebagai sumber meme favorit semua orang, video kucing, dan interaksi komunitas yang erat. Meskipun dulu memiliki reputasi yang cukup untuk masalah uptime, perusahaan sekarang lurus dan sempit, dengan pundi-pundi penuh uang VC, tim teknik yang berkembang, dan ratusan juta pengguna mengunjunginya setiap hari.

Mengapa Reddit menyukai Python? Untuk apa yang terbaik – kesederhanaan dan banyak perpustakaan siap pakai .

11. Facebook dan Python

Facebook, meskipun mendapat pers yang buruk karena kebiasaan usil dan CEO robotnya, adalah salah satu perusahaan terbesar dan terpenting dalam sejarah.

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif, Facebook praktis identik dengan media sosial. Perusahaan ini sangat besar, begitu pula tumpukan teknologinya, yang mencakup banyak bahasa dan teknologi. Namun, menurut posting blog resmi dari Facebook, Python bertanggung jawab atas 21% basis kode infrastruktur Facebook yang solid . Mengingat persyaratan setinggi langit dari raksasa teknologi ini, 21% jelas bukan apa-apa untuk disindir.

12. Google dan Python

Google sangat besar dan ada di mana-mana sehingga sulit untuk mengatakan apa pun tentang perusahaan yang tidak disebutkan ribuan kali sebelumnya.

Mereka memiliki jari mereka dalam segala hal – streaming video dan musik, email, pencarian, periklanan, mobil self-driving, perangkat keras, dan banyak lagi.

Dan apa salah satu moto teknik mereka? ” Python di mana kita bisa, C++ di mana kita harus ” .

Selain beberapa komponen, library, dan sebagainya, pada dasarnya semua Youtube ditulis dengan Python . Kamu tahu, platform streaming video terbesar di dunia. Jika itu tidak cukup dari rekomendasi untuk kamu, tidak akan ada.

Ilustrasi

Pada artikel ini kamu telah mengetahui contoh aplikasi Python yang di gunakan pada perusahaan-perusahaan terkenal di seluruh dunia. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan jika Anda menguasai Python dengan sempurna, akan mampu untuk membuat aplikasi-aplikasi yang mutakhir lainnya.

Sumber : www.netguru.com

Share.

About Author

I am a Full-Stack Designer who loves to translate designs files into Website and Application, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.