Sulam Jelujur Pesawaran Kembali Curi Perhatian di Pameran INACRAF Jakarta

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran – Sulam jelujur dan hasil kerajinan dari Pesawaran mencuri perhatian di pameran INACRAFT 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan yang diselenggarakan pada 1-5 Maret 2023.

Pameran yang bertajuk The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2023) yang dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,  Sandiaga Salahudin Uno mewakili Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo kembali digelar untuk ke-23 kalinya.

Setelah dua dekade berlalu, INACRAFT yang juga dihadiri beberapa perwakilan Negara seperti Maroko dan Mesir serta Menteri dan pejabat Negara telah memasuki jilid ke-2 setelah pandemic digelar di masa new normal dan pembatasan sosial dengan tema sentral From Smart Village To Global Market.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesawaran Nanda Indira dengan didampingi oleh Dinas Perindag Kabupaten Pesawaran Razak membawa serta kerajinan berupa kain tenun Sulam Jelujur dan hasil karya lain dari kain tersebut.

“Dipameran ini kami membawa hasil kerajinan unggulan dari Pesawaran, Sulam jelujur dari Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan, Tapis Pubian dari Desa Negeri Ulangan Jaya dan beberapa hasil kerajinan yang tersebar, selain itu ada juga Batik Tulis Alami yang warnanya berasal dari alam bukan Sintetis”, kata Nanda Rabu, 1 Maret 2003.

Dalam acara yang dihadiri seluruh pembina UKM se Indonesia itu, Nanda berharap, dengan ikut serta di acara tersebut, dapat meningkatkan pangsa pasar dari kerajinan di Bumi Andan Jejama, tentunya dengan peningkatan itu juga berefek pada peningkatan perekonomian di Kabupaten Pesawaran.

“Khususnya tapis asal Pesawaran agar lebih dikenal luas dan dapat dicintai sebagai salah satu kerajiana asli Indonesia,” Kata dia.

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mengatakan, lewat gelaran tersebut diharapkan produk para pelaku UMKM di Indonesia bisa berkembang dan dikenal masyarakat Dunia.

BACA JUGA  Zulhas : Cakupan Vaksin Lampung Perlu Ditingkatkan Lagi

Menteri Sandiaga pun menargetkan INACRAFT tahun ini transaksinya bisa melebihi transaksi ditahun sebelum pandemi Covid.

“INACRAFT sebagai salah satu gelaran kerajinan terbesar di Asia Tenggara diharapkan mampu membangkitkan semangat dan perekonomian para pelaku UMKM yang ada di Indonesia.”

“Pameran ini adalah pameran kerajinan aset nasional terbaik, terbesar dan tersukses yang menjadi barometer perkembangan industri kreatif kerajinan Indonesia penopang ekonomi kerakyatan yang paling ditunggu oleh pelaku usaha dan pengunjung/pembeli setia Inacraft,” Kata dia.

Menurut dia, kecintaan pada produk dalam negeri dan semangat untuk mendukung sektor ekonomi kerakyatan membuat pameran INACRAFT menjadi andalan para pelaku usaha kerajinan, menggerakkan kembali roda bisnis setiap menghadapi situasi perekonomian global. (**)

Share.

About Author

Comments are closed.