Kapuspen Kemendagri :Keprotokolan adalah Gabungan dari Seni dan Keterampilan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Sekjen Kemendagri didampingi Kapuspen Kemendagri Bahtiar dalam rakornas keprotokolan di Jakarta. | Istimewa

dKonten.com, Jakarta – Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar menyampaikan bahwa Keprotokolan bukanlah suatu disiplin ilmu.

Menurutnya, keprotokolan lebih pas disebut kumpulan dari seni dan keterampilan.

“Keprotokolan itu bukan sebuah disiplin ilmu. Tapi lebih dari itu, keprotokolan adalah gabungan dari seni dan keterampilan,” kata Bahtiar di Jakarta Rabu (20/3/2019) dalam rilisnya.

Seni dan keterampilan yang dimaksud Bahtiar dikarenakan kompleksnya belajar keprotokolan. “Jika seorang ASN yang mengampu keprotokolan memiliki seni dan keterampilan yang baik dalam mengelola keprotokolan itu, pastinya akan mampu memberikan pelangi dalam setiap langkahnya,” jelas Bahtiar disambut tepuk tangan peserta yang hadir saat itu.

“Mulai dari etika sampai dengan keterampilan mengatur suasana hati pimpinan, itu adalah ilmu-ilmu di luar yang diatur dalam UU,” tambah Bahtiar.

Bahtiar kemudian mengajak kepada seluruh peserta untuk mampu mempelajari ilmu-ilmu yang tidak ada dalam UU. “Banyak ilmu keprotokolan yang tidak ada dalam UU. Mari kita belajar dan mencintai dunia keprotokolan,” tutup Bahtiar. (*)

BACA JUGA  Rayakan HUT Ke 22 PAN Pesawaran Tegaskan Bersinar Harus Menang
Share.

About Author

Comments are closed.