Dapat Bantuan, 25 KUB Pesawaran Diharapkan Mampu Tingkatkan Kualitas dan Hasil Produksi

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Sekitar 25 Kelompok Usaha Bersama (KUB) mendapatkan bantuan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesawaran guna menunjang hasil produksi bagi para pelaku usaha yang ada di Bumi Andan Jejama.

Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengatakan, bantuan fasilitasi mesin dan peralatan kepada pelaku IKM  di Kabupaten Pesawaran itu merupakan salah satu bentuk tanggungjawab pemerintah daerah dan Dekranasda guna menyejahterakan masyarakat di Bumi Andan Jejama.

“Salah satu upaya Pemkab Pesawaran adalah melalui kegiatan Pemberian bantuan kepada Industri Kerajinan dan industri makanan di Kabupaten Pesawaran yang sudah dikenal di Provinsi Lampung melalui kegiatan ekonomi yang berbasis kearifan dan budaya lokal, serta untuk meningkatkan hasil produksinya,” Kata dia di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pesawaran, Jumat, 5 Mei 2023.

Menurut ketua PMI Kabupaten Pesawaran itu, pelaku atau industri kecil merupakan bentuk kegiatan dalam dunia usaha dan sebagai salah satu bentuk ekonomi rakyat yang memiliki potensi dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan serta berdampak meningkatkan perekonomian nasional dengan tidak mengesampingkan demokrasi ekonomi yang ada di Indonesia.

“Saya berharap saudara-saudara mampu membuka wawasan untuk berfikir kreatif, inovatif, kompetitif dan mandiri dalam berwirausaha serta dengan diadakannya kegiatan ini bisa memunculkan wirausaha-wirausaha baru khususnya para pengrajin,” Kata Nanda.

Ketua Kwarcab gerakan Pramukan Pesawaran itu pun berharap, 25 Kelompok Usaha Bersama (KUB) penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan tersebut secara bersama-sama dengan anggota kelompoknya dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

“Kepada para kelompok KUB penerima bantuan saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi dan kemajuan kelompoknya dan melalui momen ini kita bisa berkomitmen untuk mendukung dan membantu Pelaku/industri kecil di Kabupaten Pesawaran agar dapat berkembang menjadi lebih maju,” Kata dia.

BACA JUGA  Empat Nama Calon Bupati Muncul Dipenjaringan Balonkada PDI Perjuangan Pesawaran

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dab Perdagangan Kabupaten Pesawaran Razak mengatakan, ada sekitar 25 kelompok dari 11 Kecamatan yang memperoleh bantuan berupa fasilitas mesin dan peralatan.

“Hal itu guna mendongkrak hasil produksi juga peningkatan ekonomi bagi para pelaku usaha ini, pemerintah daerah Pesawaran melalui Dekranasda memiliki komitmen dengan program bantuan lanjutan terhadap pelaku Industri Kecil Menengah.”

“Dengan bantuan ini, diharapkan pelaku IKM dapat lebih mengembangkan usahanya. Dengan begitu secara langsung ekonomi masyarakat juga akan lebih sejahtera,” Kata dia.

Dikatakan mantan Kadis Sosial Kabupaten Pesawaran itu, dalam mengembangkan IKM yang ada, selain menyalurkan bantuan pihaknya juga melakukan pembinanaan intens terhadap para usaha yang tergabung dalam IKM Kabupaten setempat.

“Dari bantuan yang diterima oleh kelompok bila dinominalkan berkisar Rp 250 juta. Dan mereka (kelompok-Red) menerima berupa barang sesuai dengan kebutuhan kelompoknya,” Kata dia.

Diketahui, Dinas Perindag meyalurkan bantuan fasilitas mesin dan peralatan yang diterima oleh 25 kelompok IKM berupa mesin jahit 13 unit, mesin bordir 1 unit, mesin open SUM 2 unit, mesin pertukangan 4 unit, alat-alat pertukangan 32 unit, bahan dan Benang Tapis 70 stel, bahan Sulam Jelujur 300 meter, etalase 9 unit, etalase gantung 2 unit, perlengakapan membatik 10set, dan Mesin Perajang Pisang 1 unit. (**)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.