Bupati Dendi Sampaikan Bantuan Baznas Pesawaran Kepada Korban Kebakaran

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran- Berbagai bantuan datang guna membantu Kharis dan Sarinah warga yang mengalami musibah kebakaran rumah (Sabtu, 16 September lalu).

Kali ini Baznas Kabupaten Pesawaran memberikan bantuan berupa uang tunai guna dibelikan material bangunan.

Hal itu disampaikan langsung melalui Bupati Kabupaten Pesawaran, yang menyempatkan diri mengunjungi korban kebakaran di Dusun Penengahan, Desa Gedongtataan, Kecamatan Gedongtataan, Rabu, 20 September 2023.

Menurut Dendi, bantuan bedah rumah layak sehat (Berkat) itu merupakan bekerja sama pemerintah Kabupaten Pesawaran dengan baznas. Bedah rumah itu sendiri hasil dari zakat seluruh ASN yang ada di kabupaten ini dipergunakan untuk membantu kaum duafa dan yang membutuhkannya. Seperti ini masuk dalam kategori mustahiq.

“Dan kejadian ini sesuai dengan salah satu kategori, sehingga kategorinya masuk dan sesuai nashabnya sebagai penerima bantuan. Bantuan itu berupa masing masing uang tunai guna membeli material bangunan.”

“Namun uang senilai Rp16 juta itu tentunya tidak cukup bila digunakan untuk membangun rumah, makanya dibutuhkan bantuan dari tetangga guna gotong royong membantu,” Kata dia.

Dendi juga mengimbau kepada masyarakat, agar lebih waspada saat musim kemarau seperti saat ini, mengingat di musim seperti saat ini potensi terjadinya kebakaran cukup tinggi.

“Kita tidak bisa menganggap remeh musim kemarau saat ini, karena kita ketahui dengan semua kondisi lahan kering ditambah angin kencang, ini dapat memicu percikan api kecil bisa menyambar dan membesar, seperti kebakaran yang menimpa korban, dari rumah satu api bisa menyambar ke rumah sebelahnya karena angin yang bertiup kencang,” Kata dia.

Sementara, Sarinah mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Pesawaran dan BAZNAS serta masyarakat, yang telah membantu pembangunan rumah miliknya.

BACA JUGA  Daya Beli Masyarakat Turun, Pemkab Pesawaran Jamin Ketersediaan Dan Kesehatan Hewan Kurban

“Dengan adanya bantuan ini, tentunya ini dapat meringankan beban saya untuk kembali membangun dan memiliki rumah kembali setelah yang kemarin habis terbakar. Selama perbaikan rumah ini, saya tinggal bersama dengan saudara yang rumahnya tidak jauh dari rumah saya yang terbakar,” Kata dia. (*)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.