Berebut Kursi DPRD, Parpol Pesawaran Ini Yakini Menang Pemilu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, Pesawaran– Pendaftaran bakal calon legislatif menyisakan satu hari lagi (14 Mei), sampai dengan saat ini setidaknya sudah 10 partai yang sudah mengajukan nama nama calon anggota DPRD ke KPU Kabupaten Pesawaran.

Partai Keadilan Sejahtera menjadi partai pertama yang mengusulkan 40 nama bacalegnya, kemudian disusul Partai Demokrasi Indonesia  Perjuangan, Partai Ummat dan Partai Keadilan Sejahtera.

Lalu Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa menyusul pada dua hari terakhir pendaftaran calon anggota DPRD.

“Hari ini ditutup dengan Partai Golkar yang mendaftarkan nama nama calon anggota DPRD Kabupaten Pesawaran,” Kata Ketua KPU Yatin Putro Sugino, Sabtu, 13 Mei 2023.

Sedangkan pada hari terakhir pendaftaran tinggal menyisakan 8 parpol yang belum mengusulkan nama nama Bacaleg akan bertarung pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Besok pendaftaran ditutup sampai dengan pukul 23.59 WIB,” Kata dia.

Partai Gerakan Indonesi Raya (Gerindra), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Buruh, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) menjadi partai yang akan menyerahkan nama nama calegnya pada hari pendaftaran terakhir.

Dari partai partai yang sudah mendaftarkan nama bacalegnya PDIP merupakan partai yang menargetkan 45 persen perolehan kursi DPRD kabupaten setempat dari 40 kursi yang tersedia.

“Kami tidak konsentrasi terhadap penggabungan atau pengurangan dapil, prinsip kami bagaimana untuk mengkonsolidasikan bisa melayani masyarakat, perjuangan ideologi wong cilik, dan kami akan menyesuaikan nilai kursi perdapil dari jumlah pemilih dan jumlah kursi, dan kami menargetkan minimal 18 kursi legislatif untuk Kabupaten Pesawaran,” Kata ketua DPC PDIP Pesawaran Endro S Yahman.

BACA JUGA  RPJMD 5 Tahun Ke Depan Pemkab Pesawaran Garap 35 Kerja Nyata

Sementara, Partai NasDem Pesawaran meyakini bahwa partainya mampu meraih kemenangan jika target 10 kursi dapat terpenuhi.

“Sebelumnya kami menargetkan 9 kursi, namun dengan perubahan dapil dan kualitas bacaleg kami optimis akan meraih 10 kursi DPRD,” Kata ketua DPD Partai NasDem Pesawaran M Nasir.

Menurutnya, partainya akan memperoleh minimal satu kursi untuk masing masing dapil. “Ditambah dengan 4 dapil yang berpotensi akan menambah 1 perolehan kursi tambahan,” Kata dia.

Sementara, baik Partai Golkar, PKS, PAN, dan PKB serta Partai Demokrat meyakini akan memenangkan Pemilu jikan mendapatkan 8 kursi.

“Itu merupakan target realistis kami, dengan 8 Kursi kami yakin akan memenangkan Pemilu 2024 di Pesawaran,” Kata ketua DPD Golkar Pesawaran Yusak.

Menurut Yusak, target 8 kursi itu diperkuat dengan adanya dukungan dari nama nama potensial bacalegnya. “Selain bacaleg Incumbent, kami memiliki setidaknya tiga orang mantan anggota DPRD, serta mantan kades dan juga pensiunan TNI Polri yang tentunya dekat dengan masyatakat,” Kata dia.

Sedangkan partai Ummat, PPP dan PBB memiliki target 4 kursi dalam keikutsertaanya di pemilu 2024 mendatang.

“Kami realistis saja, jika periode lalu kami dapat 2 kursi, setidaknya tahun ini meningkat 100 persen, sehingga kami bisa membentuk 1 fraksi  di DPRD,   namun tidak menutup kemungkinan dari 6 dapil kami mendapat 5 kursi nantinya,” Kata ketua DPC PPP Andi Supratman. (**)

Bambang T

Share.

About Author

Comments are closed.