Besi Kapal Bro Saksi Sejarah Letusan Gunung Krakatau

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dKonten.com, News – Peristiwa letusan Gunung Krakatau yang maha dahsyat membuat langit dibelahan bumi gelap gulita pada tahun 1883.

Tsunami pun terjadi di Selat Sunda akibat dari letusan Gunung Krakatau. Pesisir Bandar Lampung menjadi tersapu oleh hempasan Tsunami dengan diikuti semua yang berada di pinggir laut.

Kapal Bro yang ketika itu berada di Pesisir pun tersapu hingga ke daratan. Hal sama juga terjadi pada mercusuar yang berada di tengah laut.

Saksi sejarah Suwardi (67) mengatakan peristiwa tsunami akibat letusan Gunung Krakatau membuat Kapal Bro terdampar di rawa. “Dulu disini (Negeri Olok Gading) merupakan rawa dan saat ngejala dapet kapal. Saya potongin besinya dan dijual. Waktu itu tidak tahu. Tapi pas diadain Festival Krakatau pada ribut ada Kapal Bro. Tapi saya masih ada besi kapal yang tersisa hingga sekarang ini,” cerita dia.

Suwardi menambahkan penemuan ini tahun 2011. “Tepatnya Jumat, 28 Januari 2011. Hingga kini tidak akan saya jual besi kapal itu karena supaya anak cucu kita bisa tahu sejarahnya,” tandasnya. (*)

BACA JUGA  Pemkab Pesawaran Optimis Capai 26 Persen Rumah Layak Huni Di Akhir RPJM
Share.

About Author

Penggiat kegiatan alam bebas dan olahraga

Comments are closed.