12 Kegiatan Kreatif yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Pandemi

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com – Mewabahnya virus corona membuat banyak orang harus tetap berada dalam rumah. Kampanye #dirumahsaja terus digaungkan oleh pemerintah dan berbagai instansi untuk memutus rantai penyebaran virus agar tidak meluas ke berbagai daerah.

Situasi seperti ini, membuat banyak orang jenuh dan bosan karena terus menerus di rumah tanpa ada kegiatan yang harus dilakukan.

Nah, untuk mengatasi kebosanan di tengah wabah corona, berikut rekomendasi 12 aktivitas kreatif yang bisa membuat harimu lebih menyenangkan.

1. Belajar desain grafis

Waktu yang panjang bisa kamu manfaatkan untuk belajar desain grafis. Kamu bisa belajar membuat poster, brosur, flyer dengan berbagai aplikasi atau software desain.

Kamu bisa juga melihat tutorialnya melalui Youtube, blog desain grafis maupun buku-buku desain grafis. Karya yang kamu hasilkan dapat kamu cetak atau upload di sosmed sebagai penambah portfolio kamu.

2. Membaca buku

Jika selama ini kamu terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari, maka saat di rumah ini kamu punya kesempatan untuk membaca buku. Ada banyak buku yang bisa kamu baca, mulai dari novel, komik, buku sejarah, buku trik marketing, ensiklopedia, ataupun buku ilmiah. Dengan membaca buku, pengetahuan kamu akan bertambah luas.

3. Menulis

Sama halnya dengan membaca, aktivitas menulis adalah hal sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah.

4. Olahraga

Salah satu aktivitas yang dibutuhkan oleh tubuh adalah olahraga, karena dengan berolahraga organ tubuh kita bergerak, mengeluarkan keringat dan membuat daya tahan menjadi lebih kuat. Lakukan olahraga ringan di tengah wabah covid-19 dengan berlari di sekitar rumah, senam, badminton, tenis meja dengan anggota keluarga.

5. Belajar memainkan alat musik

Untuk memberi suasana berbeda di dalam rumah, kamu bisa belajar memainkan alat musik yang kamu miliki. Misalnya bermain gitar, drum, piano, keyboard, atau alat musik tradisional seperti gendang dan seruling. Kamu bisa memainkan dan menyanyikan lagu bersama anggota keluarga.

BACA JUGA  Mau Jadi Wanita Karier yang Hebat? Lakukan 7 Hal Ini

6. Nonton film/serial TV

Jika kamu adalah pecinta film, maka ini adalah waktu yang tepat untuk menonton film secara marathon. Kamu bisa menonton serial TV sampai tamat. Atau menonton film anime juga menarik untuk dilakukan.

7. Belajar memasak

Meskipun memasak identik dengan kaum hawa, tapi juga bisa dilakukan oleh kaum pria. Justru saat lebih banyak di rumah ini waktu yang tepat buat kamu untuk mengeksplor kemampuan memasak agar tercipta makanan yang enak disantap. Kamu juga bisa membagikannya di Youtube, blog maupun buku.

8. Bermain game

Salah satu aktivitas yang menyenangkan adalah bermain game. Di tengah wabah virus seperti ini, sebaiknya kamu bermain game #dirumahsaja, karena selain untuk menjaga diri dari ancaman virus, bermain game di rumah juga akan meningkatkan konsentrasi kamu karena tidak ada yang mengganggu.

9. Bercocok tanam

Salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan alam adalah dengan bercocok tanam. Kamu bisa memanfaatkan lahan di rumah untuk mulai menanam pohon maupun bunga. Bercocok tanam juga akan membuat udara di sekitar rumah menjadi sejuk dan segar.

10. Beberes rumah

Kondisi rumah yang berantakan menjadi sesuatu yang tidak enak dipandang. Diwaktu yang longgar ini, ada baiknya kamu bersih-bersih rumah.

Membersihkan bisa dimulai dari lantai, membersihkan kamar tidur, dapur, kamar mandi dll.

11. Berlatih fotografi

Belajar fotografi tidak harus dengan kamera mahal, kamu cukup memakai ponsel untuk menghasilkan gambar yang bagus. Kamu juga bisa memotret objek di sekitar rumah, pekarangan, bangunan rumah atau situasi di dalam rumah Anda. Tentu ini akan menyenangkan untuk kamu dan keluarga.

12. Belajar bahasa asing

Belajar bahasa asing sangat penting untuk membantu kamu berkomunikasi dengan dunia luar. Di era teknologi seperti ini, sangat mudah bagi kamu untuk belajar bahasa asing terutama bahasa inggris.

BACA JUGA  Honda Perkenalkan Brio RS Urbanite Edition yang Tampil Semakin Sporty

Pastikan tetap produktif di rumah setiap hari! (*)

Share.

About Author

Comments are closed.