Web Designer, Apakah Karir yang Menjanjikan di Masa Depan?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

dkonten.com, Karir – Di masa yang serba canggih ini segala kebutuhan masyarakat akan selalu terkait dengan teknologi dan pemanfaatannya. Atas perkembangan ini karir sebagai web designer menjadi salah satu profesi yang akan sangat dibutuhkan dan sangat menguntungkan.

Terlebih tidak semua orang memiliki skill desain, terlebih desain web. Seperti yang kita tahu bahwa tugas utama pendesain web adalah untuk mengatur dan mendesain web secantik mungkin. Diperlukan ketelitian, keahlian IT dan kreativitas.

Web designer sebagai profesi yang memiliki prospek positif

Ilustrasi

Pekerjaan sebagai pendesain web terbilang masih baru dan belum banyak dilakukan. Meski begitu kebutuhan industri akan profesi ini terbilang cukup besar. Untuk ke depannya, akan semakin banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa seorang designer web.

Setiap harinya masyarakat tidak lepas dengan kebutuhan menggunakan internet dan web. Baik untuk melakukan komunikasi, berita, belanja, dan sosialisasi.

Selain kebutuhan masyarakat akan profesi ini yang terbilang tinggi, gaji yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Memang, belum ada patokan yang pasti berapa gaji yang didapatkan. Karena hasil design dan jam terbang individu akan sangat mempengaruhinya.

Bagaimana agar bisa menjadi web designer profesional?

Karena tugas utamanya nanti adalah untuk mendesain halaman-halaman di dalam web, tentu saja skill utamanya yang harus dimiliki adalah inovatif, kreatif, dan mampu mendesain dengan baik melalui komputer. Jika hanya inovatif dan kreatif namun belum bisa mendesain dengan komputer, mungkin kamu bisa berlatih dulu.

Untuk dapat melakukannya dengan baik, kamu membutuhkan sofware aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Inkscape, atau GIMP yang mana menjadi peralatan tempur utama bagi seorang web design. Dengan menggunakan software ini, kamu akan terbantu untuk mengatur layout serta alur desain dari web.

BACA JUGA  5 Cara Menerapkan Digital Mindset Untuk Transformasi Digital Bagi Bisnismu

Apakah harus kuliah jika ingin menjadi web designer profesional? Sebenarnya tidak semua web designer menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Sama seperti hacker, semua tools dan aplikasi ini bisa dipelajari secara otodidak di rumah. Asal, kamu memiliki kemampuan, keterampilan, dan peralatan yang dibutuhkan.

Tapi, akan lebih baik lagi jika kamu menempuh jalur perguruan tinggi untuk mendapatkan keahlian yang lebih baik. Karena ilmu yang kamu dapatkan melalui perguruan tinggi nanti bisa saja lebih lengkap dan komplit, dan memberikan kamu pengalaman yang berharga.

Job desc web designer

Ilustrasi

Sebagai seorang pendesain web, kamu diharuskan memiliki kemampuan seni yang cukup bagus. Tidak semudah itu memang. Apalagi melakukannya dengan menggunakan software aplikasi yang bagi sebagian orang cukup rumit.

Untuk menghasilkan karya yang baik, kamu harus memiliki rasa estetika yang baik. Mampu memadu padankan warna, font, layout, serta gambar yang paling cocok.

Share.

About Author

I am a Frontend designer who loves to translate designs files into Website, Based in Bandar Lampung - Indonesia

Comments are closed.